Penandatanganan Kontrak Politik CALEG Perempuan Bersama KPI Wilayah DIY - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


27 September 2018

Penandatanganan Kontrak Politik CALEG Perempuan Bersama KPI Wilayah DIY


YOGYAKARTA, suarakpk.com - Proses pelaksanaan Pemilu 2019 sudah didepan mata dan melihat persiapan Caleg perempuan dalam menghadapi Pemilu 2019 masih kurang, baik dari segi strategi, kampanye, isu yang akan diusung masih sangat minim, padahal persaingan sesama Caleg semakin ketat dan upaya Koalisi Perempuan Indonesia untuk mendorong Caleg Perempuan agar bisa merebut kursi 30% untuk duduk di Legislatif merupakan kerja keras, untuk itu sangat perlu mempersiapakan Caleg yang dianggap Potensial baik dari Caleg Anggota Koalisi Perempuan Indonesia sendiri maupun Caleg perempuan diluar Anggota Koalisi Perempuan Indonesia wilayah DIY. Bertempat di Hotel Cakra Kusuma, Jalan Kaliurang KM 5,2 Yogyakarta, Penandatanganan Kontrak Politik antara CALEG Perempuan bersama dengan KPI Wilayah DIY berlangsung pada beberapa waktu yang lalu, hari Senin (24/09/2018).

Terkait hal tersebut, Ketua Panitia sekaligus juga sebagai Ketua Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) Wilyah DIY menyatakan, Belajar dari pengalaman Pemilu 2014 seluruh Partai berlomba-lomba mengkampanyekan perempuan untuk menjadi Caleg Perempuan, akan tetapi tujuan Partai politik hanya untuk memenuhi Syarat formal agar Partai politik bisa menjadi peserta Pemilu. "Setelah perempuan menjadi peserta caleg, parpol tidak memberikan dukungan yang memadai bagi caleg perempuan untuk bisa mendapatkan kursi dilegislatif, caleg perempuan mencari sendiri dukungan  untuk bisa merebut empati dari pemilih, belum lagi persaingan caleg antar perempuan dalam satu dapil juga menjadi permasalahan sendiri. Sehingga upaya peningkatan kapasitas berpolitik perempuan sangat dibutuhkan sebagai upaya meningkatkan keterwakilan perempuan di legislatif." ungkapnya.

Keterlibatan perempuan di Legislative merupakan sebuah kebutuhan untuk memperjuangkan kepentingan perempuan terutama perlindungan sosial yang faktanya perempuanlah yang akan menanggung dampaknya. Pertarungan Politik dalam merebut kursi di Legislatif  bagi Caleg perempuan tanpa dukungan finansial yang memadai, dan jika tanpa diimbangi dengan kemampuan strategi dan kapasitas yang memadai akan sulit bersaing dengan Caleg laki-laki, sehingga kapasitas perempuan sangat menentukan dimana kemampuan kapasitas Individu perlu diasah secara matang seperti kemampuan bernegosiasi,memahami isu-isu strategis yang berkembang di Masyarakat serta tahapan-tahapan dalam rangka pemenangan Pemilu, dan membangun strategi pemenangan Pemilu, hal ini merupakan tantangan Caleg perempuan untuk dapat merebut kursi Legislatif.

Koalisi Perempuan Indonesia wilayah DIY melihat peningkatan kapasitas Caleg Perempuan dan tim suksesnya untuk memahami dan mengetahui strategi pemengan Pemilu sangat dibutuhkan untuk dapat merebut hati pemilih. Ketersediaan informasi dan cara mengakses informasi yang dikemas menjadi isu menarik dan bisa dipahami di masyarakat sangat dibutuhkan Caleg perempuan dan tim suksesnya untuk mencapai pemengan Pemilu tahun 2019.

Caleg perempuan harus membangun kekuatan ditingkat perempuan dengan melakukan pendekatan untuk mengidentifikasi perbedaan kebutuhan, prioritas,kepentingan dan tantangan yang dihadapi perempuan dan laki-laki, proses menjatuhkan pilihan dan pemahaman serta tanggapan terhadap berbagai fenomena politik didasari oleh berbagai hal,untuk itu pelatihan ini dipandang penting untuk dilakukan oleh Koalisi Perempuan Indonesia Wilayah DIY yaitu memberikan pelatihan kepemimpinan perempuan dan kebijakan perlindungan sosial kepada Caleg Perempuan.

Pelatihan kepemimpinan perempuan ini diharapkan dapat memberikan kapasitas dan strategi untuk memenangkan pemilu 2019, memperluas gerakan perempuan dalam mendorong keterwakilan perempuan untuk memperjuangkan hak-hak perempuan melalui kebijakan jaminan perlindungan sosial yang transfomatif , inklusif dan adil gender serta memastikan perempuan terlibat di segala aspek walaupun butuh tantangan besar bagi perempuan . Koalisi Perempuan Indonesia Wilayah DIY merasa penting untuk melakukan penguatan kapasitas melalui pelatihan kepemimpinan perempuan yang akan di hadiri oleh Anggota Koalisi Perempuan yang masuk dalam Daftar Calon Legislatif dan Caleg perempuan Partai lain yang juga menjadi Calon Legislatif bersama tim suksesnya.

Adapun Tujuan Kegiatan ini :
1). Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman serta pengembangan diri, merumuskan dan menganalisa isu strategis yang berkembang di masyarakat.
2). Meningkatkan pengetahuan peserta tentang tahapan-tahapan dan startegi yang harus dilakukan oleh Calon Legislatif perempuan dalam pemilu.
3). Adanya komitmen Calon Legislatif terhadap Koalisi Perempuan Indonesia melalui Kontrak Politik.

Dan hasil yang ingin dicapai dalam pelatihan ini adalah :
1). Perempuan Calon Legislatif dan tim suksesnya mampu menganalisa isu strategis.
2). Perempuan Calon Legislatif dan tim suksenya mempunyai strategi pemenangan dan mengetahui tahapan- tahapan pemilu.
3). Ada Kontrak Politik Calon Legislatif perempuan bersama Koalisi Perempuan Indonesia Wilayah DIY.

Kegiatan ini diikuti oleh 37 orang terdiri dari 27 orang Caleg Perempuan, 5 orang tim sukses, 2 orang staf, 2 orang panitia, 2 orang fasilitator, 1 orang notulensi. Kegiatan dilaksanakan tanggal 21 s/d 24 September 2018 dan tempat pelatihan Hotel Cakra Kusuma, Jalan Kaliurang KM 5,2 Yogyakarta. Adapun materi pembicara dalam pelatihan tersebut adalah :
1).Pemaparan Materi dari Bawaslu tentang Menyoal Tugas, Wewenang dan Kewajiban Bawaslu dalam Komitmen Caleg perempuan dengan KPI DIY.
2).Diskusi Kelompok tentang Sistem Pemilu dan Pentingnya Keterwakilan Perempuan dalam Pemilu.
3).Diskusi Kelompok Membangun solidaritas antar perempuan dalam politik.
4).Profil daerah pemilihan dan Branding Caleg.
5).Manajemen Sosialisasi & Kampanye Pemilu Legislatif.
6).Mengenal Suara Caleg Perempuan.
7).Diskusi Kelompok Memetakan Kekuatan Lawan Politik, Strategi Identifikasi dan Advokasi Kecurangan Pemilu.
8).Diskusi Mengelola Dukungan untuk kemenangan Bersama Caleg Perempuan.
9).Pembentukan Tim Pemenangan dan Manajemen Kampanye, dan RTL. (Sutopo/Red).

No comments:

Post a Comment