Pembuatan Drainase di-Lingkungan I Pangkalan Dodek Siluman - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


06 September 2018

Pembuatan Drainase di-Lingkungan I Pangkalan Dodek Siluman


BATU BARA, suarakpk.com - Proyek pembuatan drainase yang terletak dikelurahan Pangkalan Dodek Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara Sumatera Utara dari Dinas Perumahan dan Pemukiman Batu Bara tepatnya dibelakang SMP Negeri 3 Medang Deras yang dikerjakan CV PPA  Siluman.

Soalnya proyek yang dianggarkan dari APBD 2018 yang dikerjakan oleh CV PPA tidak memasang plang papan nama proyek.

Hal ini Masyarakat merasa bertanya tanya apakah biaya proyek yang dimaksud dari uang pribadi atau uang Negara.

Padahal Peraturan yang tertuang dalam Undang – Undang (UU) nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 70 tahun 2012 tentang Perubahan Kedua atas Perpres nomor 54 tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Dan pada pasal 25 Perpres diatur mengenai pengumuman rencana pengadaan barang/jasa pemerintah, melalui website, portal LPSE, papan pengumuman resmi, dan sebagainya. Ini semakin memperkuat apa yang juga diatur dalam UU nomor 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP),

Selain itu Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 29/PRT/M/2006 tentang Pedoman Persyaratan Teknis Bangunan Gedung (“Permen PU 29/2006”)
dan juga Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 12/PRT/M/2014 tentang Penyelenggaraan Sistem Drainase Perkotaan (“Permen PU 12/2014”).

Dilokasi Proyek Kepala tukang yang mengaku bernama Ijul (26) Warga Desa Pakam Raya Rabu 05/09/2018 mengatakan tidak tahu menahu tentang plang dan juga anggaran serta tidak memegang bestek (gambar) juga tidak mengetahui lokasi tempat dikerjakannya proyek tersebut.

"Kalau plang aku tidak tahu menahu bang kerena aku hanya bekerja, bestek ada tapi tinggal dirumah, lokasinya lupa pula aku tempatnya" katanya gugup.

Ijul menambahkan
" kalau mengacu kepada gambar bersih Tinggi drainase 80 cm, tebal beton 20, lebar parit 60  panjang 220 m galian pondasi 10  cm, dan tebal lantai 05 cm jadi tinggi bersih beton 80 cm " jelasnya. "tinggi kotor drainase 90 cm bang" imbuhnya.

Diatanya lagi bagaimana cara mengerjakan jika tidak melihat bestek " aku lihat sekali aja udah tahu aku bang" ucapnya penuh keyakinan.

Tiba tiba salah seorang anggota pekerja yang sedari awal mendengar pembicaraan mengatakan bestek yang dimaksud ada pada dirinya dan   terlihat mata Kepala tukang (Ijul-red) memandang wajah anggotanya dengan sinis dan terkesan marah.

Dari bestek yang diperlihatkan itulah diketahui Perusahaan yang mengerjakan proyek tersebut bernama CV PPA dengan nama kegiatan Pembuatan drainase di-Lingkungan I (satu) Pangkalan Dodek.(414/red)

No comments:

Post a Comment