Sedekah Bumi Desa Gagakan Lebih Meriah - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

03 Agustus 2018

Sedekah Bumi Desa Gagakan Lebih Meriah



BLORA, suarakpk.com – Tradisi sedekah bumi masih terlestarikan oleh Warga Desa Gagakan Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora. Mereka melakukan kirab gunungan yang berisi hasil bumi sebagai tanda syukur atas melimpahnya habis panen. Tradisi kirab gunungan berlangsung kemarin hari Rabu, (1/8/2018). Nampak ratusan warga Desa Gagakan Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora ikut mengarak sepuluh gunungan yang terbuat dari hasil bumi desa setempat. Gunungan diarak mulai dari rumah kepala desa kemudian menuju kunden untuk didoakan bersama-sama sebelum akhirnya diperebutkan warga setempat.
Kepala Desa Sudarso menuturkan tradisi kirab gunungan sudah berlangsung bertahun-tahun. Namun, tiap tahun mengalami perkembangan sesuai kondisi dan situasi masyarakat sekarang. Saat ini, pelaksanaan tradisi ini selain melestarikan budaya lokal, juga dimanfaatkan untuk membekali masyarakat supaya cinta terhadap tanah air.
"Tahun ini kami ingin mengajak masyarakat untuk mencintai tanah air, melalui kegiatan seperti ini," papar dia.
Ia cukup prihatin dengan munculnya faham radikal yang sudah menggerogoti rasa nasionalisme masyarakat, terutama kaum muda.
"Untuk itu, tradisi ini terus harus ada dan dikreasikan lebih lebih baik tanpa mengurangi khidmat dan kemurniannya," lanjutnya.
Kirab gunungan, menurutnya, sama halnya dengan sedekah bumi yang diperingati tiap bulan apit, penanggalan Jawa. Selain kirab,  ada pertunjukan campur sari.
"Hal ini juga mengingatkan masyarakat bahwa di Desa ini ada sejarah yang perlu dipelajari, diketahui dan dijaga. Ini bentuk rasa syukur warga melalui sedekah bumi tersebut," tuturnya.
Sudarto (67), warga setempat mengaku kirab gunungan tahun ini lebih meriah ketimbang sebelumnya.
"Banyak warga yang ikut dan lebih tertata. Semoga ke depan lebih baik lagi," tandasnya. (Bambang/red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)