Fakultas Peternakan UHO Bantu Ekonomi Masyarakat Melalui PKM - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


10 August 2018

Fakultas Peternakan UHO Bantu Ekonomi Masyarakat Melalui PKM

Ketgam: Ketua Tim Pelaksana Kegiatan PKM, Andi Murlina (jilbab hitam) dan panitia kegiatan, Yamin Yaddi (biru) bersama warga

MUNA BARAT, suarakpk.com- Permasalahan ekonomi masyarakat masih saja menjadi pergunjingan utama dikalangan luas. Meski berbagai upaya penguatan ekonomi telah diusahakan oleh pemerintah pusat melalui program-program unggulan dari setiap kementrian.

Menjawab permasalahan tersebut, Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari melalui Fakultas Peternakan sebagai institusi pemerintah, mengkolaborasikan tugas dan fungsinya dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan aktifitas masyarakat terutama dibidang pertanian dan peternakan.

Melalui Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM), civitas Akademika Fakultas Peternakan UHO mencoba melakukan penguatan ekonomi masyarakat dengan mengintegrasikan tanaman pertanian dan peternakan.

Dimana, PKM tersebut merupakan salah satu program unggulan Kemenristekdikti yang dimaksudkan untuk membentuk/mengembangkan sekelompok masyarakat yang mandiri secara ekonomi.


Ditemuai duruangannya, Dr. Ir. Andi Murlina Tasse, M.Si selaku ketua Tim pelaksanaan kegiatan, mengemukakan bahwa orientasi dari setiap kegiatan harusnya berdampak positif bagi ekonomi masyarkat. "Kami selaku civitas akademika membangun bangsa sesuai kompetensi kami. Kami memanfaatkan limbah tanaman pertanian (tongkol jaggung dan kulit kacang tanah) menjadi pakan ternak dengan aplikasi teknologi," ucapnya Jum'at (10/08/18).

Kata dia, pendanaan dalam pelaksanaan kegiatan ini bersumber dari Dirjen Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia yang diselenggarakan setiap tahunnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, Dr. Andi Murlina di bantu oleh drh. Yamin Yaddi pada aspek kesehatan ternak dan La Malesi, S.Pt.,M.Si pada aspek hijauan makanan ternak.

Kegiatan yang dilaksanakan sejak bulan April 2018 itu mendapat sambutan baik oleh masyarakat (kelompok peternak) di Kecamatan Wadaga Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Ketua kelompok peternak mengungkapkan bahwa kegiatan yang dilakukan sangat membantu bagi peternak dan petani karena limbah pertanian dapat dimanfaatkan sebagai pakan sedangkan kotoran ternak tetap dapat dimanfaatkan sebagi sumber pupuk bagi tanaman pertanian.

Lebih lanjut, Andi Murlina mengungkapkan, Kabupaten Muna Barat merupakan salah satu sentra pertanian Sulawesi Tenggara. Dikarenakan topografi wilayah yang datar menjadikan Kabupaten Muna Barat sebagai lokasi yang sangat subur. Dan juga di sektor pertanian dalam arti luas menjadi salah satu penopang utama perekonomian daerah, aktifitas dibidang pertanian sebagian besar dilakukan oleh masyarakat.

Untuk itu, Andi Murlina berharap antara pemerintah daerah dan perguruan tinggi tetap mengadakan kerjasama yang baik.

"Kolaborasi antara pemerintah daerah dengan Perguruan tinggi diharapkan dapat terus terjalin demi meningkatkan taraf hidup serta pengetahuan (edukasi) masyarakat," tutupnya. (Randy Yaddi). 

No comments:

Post a Comment