Karnaval Warga Desa Plosorejo, Kunduran, Blora - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


16 August 2018

Karnaval Warga Desa Plosorejo, Kunduran, Blora


BLORA, suarakpk.com - Banyak cara dari masyarakat desa untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia. Satu di antaranya dengan karnaval budaya. Seperti yang dilakukan Pemerintah Desa Plosorejo, Kecamatan Kunduran, Kabupaten Blora.
Mereka mengadakan karnaval budaya pada Kamis, (16/8/2018) sore.

Karnaval yang diikuti oleh ribuan warganya dengan menggunakan aneka ragam kostum yang semisal seragam polisi, tentara, pakaian adat Jawa, pakaian untuk menari kuda lumping dan juga kostum berbentuk hewan berukuran besar, sambil berjoget tua muda pria dan wanita.

Kepala Desa Plosoreho, Suwiknyo menuturkan, kegiatan yang di selenggarakan warga merupakan bentuk menghormati jasa-jasa pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.
Terlebih bagi pahlawan yang rela berkorban demi merebutkan kemerdekaan negara Republik Indonesia.

"Acara ini memang bertujuan memeriahkan hari Kemerdekaan serta memberikan kesadaran bagi warga untuk selalu melestarikan budaya," ujarnya.

Ia berharap, kegiatan yang warga selenggarakan dapat menggugah rasa nasionalisme serta rasa mencintai budaya daerah yang kian waktu terkikis oleh perkembangan zaman.

"Tak tua tak muda semua mengikuti karnaval ini, Karnaval ini juga menjadi wadah bagi warga desa menuangkan kreativitas mereka," tuturnya.

Sementara itu, Suciati selaku dari desa lain yang hadir dalam kesempatan itu menuturkan, kegagumannya kepada kreativitas warga Desa Plosorejo.
"karnaval desa ini sangatlah meriah meskipun hanya di tingkat desa, karena tua, muda, anak anak ikut karnaval juga." ucapnya

No comments:

Post a Comment