Ini Yang Dilakukan Warga Dusun Balan Desa Banjarejo, Sukodadi Lamongan Di HUT RI Ke 73 - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


20 August 2018

Ini Yang Dilakukan Warga Dusun Balan Desa Banjarejo, Sukodadi Lamongan Di HUT RI Ke 73


LAMONGAN, suarakpk.com - Banyak cara dari masyarakat desa untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia. Satu di antaranya dengan karnaval budaya. Seperti yang dilakukan masyarakat Dusun balan Desa Banjarejo. kecamatan sukodadi, Kabupaten lamongan. Mereka mengadakan karnaval budaya pada Minggu sore (19/08) kemarin.
Karnaval yang diikuti oleh ratusan warga masyarakat Dusun Balan dengan menggunakan aneka ragam kostum, semisal seragam polisi, tentara, pakaian adat Jawa, pakaian untuk menari kuda lumping dan juga kostum berbentuk hewan berukuran besar,sambil berjoget tua muda pria dan wanita.
Kepala Dusun Balan, solikin menuturkan, kegiatan yang diselenggarakan warga merupakan bentuk penghormatan jasa-jasa pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Terlebih bagi pahlawan yang rela berkorban demi merebutkan kemerdekaan negara Republik Indonesia.
"Acara ini memang bertujuan memeriahkan hari Kemerdekaan serta memberikan kesadaran bagi warga untuk selalu melestarikan budaya.” tutur  Solihin.
Warga masyarakat Dusun Balan nampak begitu antusias dengan membuat kerajinan untuk karnaval, dan beberapa RT menunjukkan kebolehannya masing-masing membuat hiasan yang begitu unik.
Dijelaskan, bahwa Dusun Balan dibagi menjadi 5 RT dan kesepakatan satu Dusun untuk membuat beberapa aneka ragam RT,1 membuat kapal laut, dan RT, 2 membuat meriam dan motor tank. RT. 3 membuat aneka ragam Garuda Pancasila dan mobil polisi. dan RT.4 membuat kuda yang dinaiki Pak Soekarno dan membuat hiasan motor polisi RT.5 membuat helikopter dan kura-kura tak lupa diiringi beberapa ragam dari perjuangan hingga kostum Wali Songo sampai petani dan tak lupa diiringi beberapa pertunjukan dramband dari SMP pucuk, dan ada lagi pertunjukan Reog dari desa Sumberagung, Kecamatan sukodadi lamongan.
"Tak tua tak muda semua mengikuti karnaval ini, Karnaval ini juga menjadi contoh bagi warga masyarakat desa lainya, Tahun yang akan datang kreativitas mereka," ujar Solikin.
Sementara, salah satu penonton dari lain desa, yang mengaku bernama anis yang hadir dalam kesempatan itu menuturkan, kegagumannya kepada kreativitas warga Dusun balan, Ia mengungkapkan jika karnaval dusun ini sangatlah meriah meskipun hanya di tingkat dusun. “karena tua, muda anak-anak ikut berbondong-bondong mengikuti karnaval.” katanya (202/Red)

No comments:

Post a Comment