Bupati Terpilih Ir.H.Zahir.MAP Hadiri Acara Taptu Mengenang Sabotase Pejuang Hempang Tentara Belanda - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


20 August 2018

Bupati Terpilih Ir.H.Zahir.MAP Hadiri Acara Taptu Mengenang Sabotase Pejuang Hempang Tentara Belanda



BATU BARA, suarakpk.com - Ratusan peserta pawai obor terdiri dari Siswa SMA, SMP, MTS/sederajat, Pramuka dan lainnya turut memeriahkan upacara Taptu malam itu dan sekaligus ziarah ke-Makam Pahlawan yang ada dipekuburan umum Desa Simpang Dolok Kecamatan Lima Puluh Kabupaten Batu Bara Sumatera Utara, Kamis (16/08) malam kemarin.

Dan ini dilakukan setiap tahun pada malam menjelang peringatan HUT RI di-Desa Simpang Dolok Kecamatan Lima Puluh selalu diadakan pawai obor (Taptu).

Kegiatan yang dimaksud untuk mengenang jasa-jasa Pahlawan bangsa yang gugur saat menghempang perjalanan tentara Belanda melalui jalur KA di Lima Puluh, terjadinya kontak senjata antara pejuang Kemerdekaan dengan tentara Belanda mengakibatkan gugurnya Dua orang putra terbaik Desa Simpag Dolok bernama Jijen dan Kobir.

Malam itu, turut dihadiri Bupati Terpilih Ir H Zahir MAP, Danramil 03 Lima Puluh Kapten Inf Hamblet Marpaung , Camat Lima Puluh Soedarto SE, Plt Camat Datuk Lima Puluh Ngatirun, SH, Kapolsek Lima Puluh AKP Jhony Andreas Siregar, anggota DPRD Kabupaten Batubara  Ruslan, Ketua KPU Mukhsin  Khalid, SE, Ketua DPD KNPI Batu Bara Dr. Zuhri Freza, Ketua PAC Pemuda Pancasila Kecamatan Lima Puluh, Kades Simpang Dolok Yusnan, Kades Kwala Gunung Jumah Khaidir, Kades Cahaya Pardomuan Donny Ambarita, Plt Kades Pulau Sejuk, Kades Lubuk Hulu, Baleg dari gerindra H.Faizal, Ketua Gemkara Batu Bara Drs Khairul Muslim, Ketua Panitia Rustam Efendi S.Ag, sementara dari Tomas Batu Bara dihadiri Badrul Zaman, Ok Suhemi SH dan OK Saiful.

Irup Taptu menjelang peringatan HUT Ke-73 RI  malam itu Danramil 03 Lima Puluh Kapten Inf Hamblet Marpaung.

Ketua panitia Rustam Efendi S.Ag menyampaikan kegiatan Taptu merupakan kegiatan rutin  tahunan dalam rangka mengenang jasa para pejuang dan menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 73.

Kapolsek lima puluh AKP Jhony Andreas Siregar mengingatkan perayaan HUT Kemerdekaan kirannya bukanlah hanya serimonial namun perlu mencermati dan memaknai bahwa perayaan kemerdekaan adalah merupakan suatu kehormatan kepada pahlawan dan jika duhulu jelas musuh kita lihat warna kulit, mata dan rambut jelas berbeda dengan kita. Namun saat ini musuh terbesar  adalah Narkoba dan ini merupakan masalah Nasional dan khususnya Kabupaten Batu Bara.

Beliau juga mengingatkan, saat ini bandar narkoba sudah mengelilingi Dunia Pendidikan yang kurang memadai di-Masyarakat.

Sementara Bupati terpilih Ir H Zahir MAP  menyampaikan ditempat ini kita mengenang sejarah kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 dan merupakan kebanggaan dan kedaulatan Bangsa dan kita harus kuatkan energi dan jaga persatuan, jangan ada lagi kotak kotak karena yang lalu biarlah berlalu karena pada tahun 2019 yang akan datang kita akan menghadapi Pemilihan DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI dan juga pemilihan Presiden.

Terkait usulan pemindahan makam pahlawan dari masyarakat, secara spontan Zahir menyatakan tahun depan harus terealisasi karena itu merupakan cita cita para pejuang.

Zahir juga menyebutkan, Taman Makam Pahlawan akan  diusulkan setelah terpilihnya anggota DPRD pada Tahun 2019. Sedangkan lahannya akan dicari tempat yang lebih layak, "makam Pahlawan harus ada lahan dan akan dianggarkan di APBD Kabupaten Batu Bara juga anggaran Taptu akan dimasukkan ke-Bagian Kesra dan  untuk kepentingan Rakyat Batu Bara kedepannya akan dibuat lebih meriah". pungkasnya. (Muhammad Amin)

No comments:

Post a Comment