BPN Jepara, Target 44.000 Bidang Tanah PTSL - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


02 August 2018

BPN Jepara, Target 44.000 Bidang Tanah PTSL


JEPARA, suarakpk.com - Kantor BPN kabupaten Jepara tahun ini memasang target 44.000 bidang tanah untuk masuk daftar dalam program PTSL tahun 2018. Pelaksanaan PTSL di laksanakan secara penuh.
"Kegiatan PTSL 2018 di lakukan secara lengkap, blok demi blok, hamparan demi hamparan satu desa penuh atau tanah pertanian lengkap.” kata salah satu Kepala Seksi BPN, Tunggal saat ditemui suarakpk.com di kantornya belum berapa lama ini.
Dijelaskan, bahwa dalam pelaksanaan, tim panitia judikasi akan datang ke lokasi yang telah ditentukan untuk melaksanakan pengukuran tanah yang akan disertifikatkan. Tanah yang di ukur tersebut akan dibagi - bagi menjadi empat klaster dari k1 sampai k4.
“K1 yaitu bidang tanah terukur yang akan diterbitkan sertifikat. K2 adalah bidang tanah terukur yang bisa di terbitkan sertifikat nya namun status nya dalam masih dalam sengketa. K3 adalah bidang tanah yang statusnya menunggu peraturan perundang undangan dan k4 adalah bidang tanah terukur yang tidak di terbitkan sertifikat nya  karena sudah memiliki sertifikat sebelumnya.” jelasnya.
Dari data kantor ATR /BPN Jepara dari 639.386 jumlah bidang tanah, baru 218.967 bidang tanah terdaftar sisanya 420.419 bidang tanah belum terdaftar. Sementara Dari total luas bidang tanah mencapai 100.006 hektare bidang tanah yang belum terukur 74.018 hektare, adapun luas tanah yang terukur  sebanyak 25 .988 hektare .
"Harapannya petinggi dan pihak pihak terkait memahami mekanisme pendaftaran setelah itu melakukan persiapan pendaftaran yang melibatkan seluruh komponen masyarakat, sehingga dengan program PTSL ini, bila sudah menjadi sertifikat akan bermanfaat bagi masyarakat itu sendiri khususnya di wilayah jepara.” Pungkasnya. (pungky/arif/ricky/red)

No comments:

Post a Comment