Besok, 60 Calon Anggota Bawaslu Jalani FPT - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


07 August 2018

Besok, 60 Calon Anggota Bawaslu Jalani FPT


TERNATE, suarakpk.com - Setelah ditetapkan lulus dari tahapan seleksi wawancara dan kesehatan, dijadwalkan Rabu (8/8) besok, sebanyak 60 calon anggota Bawaslu Kabupaten Kota se Provinsi Maluku Utara akan menjalani  uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test (FPT) di kantor Bawaslu Provinsi Maluku Utara.
Ketua Bawaslu Malut, Muksin Amrin pada sejumlah wartawan, Senin (6/8) mengatakan, timsel calon anggota Bawaslu Kabupaten Kota, baik zona I dan II sudah mengumumkan enam nama yang lolos.“Timsel akan cari tiga nama calon anggota Bawaslu yang baru untuk dipaketkan dengan yang lama sehingga totalnya menjadi enam untuk selanjutnya. Alhamdulillah, nama-nama yang lolos itu sudah diumumkan dan segera disampaikan ke Bawaslu," ungkap Muksin.
Sesuai jadwal, lanjut Muksin, Bawaslu Malut akan melakukan uji kepatutan dan kelayakan bagi 60 calon anggota Bawaslu Kabupaten Kota ini selama dua hari yakni, Rabu (8/8) hingga -Kamis (9/8)
"Bawaslu Malut akan membagi dua hari untuk FPT, Rabu (8/8) 5 kabupaten dan Kamis (9/8) lima lagi," tandasnya.
Metode FPT untuk 60 calon anggota Bawaslu ini, aku Muksin, akan dilakukan dalam metode baru yaitu model focus discussion group (FGD) kepada semua peserta. Dimana, masing-masing enam orang di setiap Kabupaten Kota akan dipersilahkan masuk sekaligus untuk berdiskusi dan akan dinilai langsung ke- 5 komisioner Bawaslu Malut."Modelnya seperti diskusi, jadi enam orang masuk sekaligus. Nanti kita akan lihat model penguasaan materi dan memimpin diskusi itu seperti apa,”jelasnya sembari mengatakan, Bawaslu hanya diberikan kewenangan melakukan uji kepatutan dan kelayakan tapi yang melakukan perangkingan untuk tetapkan tiga nama sebagai anggota Bawaslu Kabupaten Kota itu Bawaslu RI bukan Bawaslu Provinsi.(rd).

No comments:

Post a Comment