4.500 Warga Ikuti Tradisi Apitan Desa Prampelan Demak - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


28 August 2018

4.500 Warga Ikuti Tradisi Apitan Desa Prampelan Demak


DEMAK, suarakpk.com - Budaya Apitan menjadi tradisi tersendiri di Desa Prampelan Demak. Kegiatan tahunan yang rutin diselenggarakan oleh Pemerintah  Desa Prampelan selalu berjalan meriah. pasalnya didukung oleh semua warha desa. Dikatakan oleh Kepala Desa Prampelan, Subkhan,S.Pd, jika kegitan tersebut merupakan kegiatan untuk mendapatkan keberkahan di dalam segi pertanian.
"acara Apitan di Desa Prampelan ini diselenggarakan setiap setahun sekali dengan tujuan untuk mendapatkan keberkahan di dalam segi pertaniannya biar melimpah loh jinawi."tutur Subkhan kepada suarakpk.com kemarin minggu (5/8).
Menurutnta, bahwa dengan acara tradisi tersebut, diharapkan masyarakat untuk selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
"untuk mewujudkan kemajuan desa Prampelan khususnya. Dan masyarakatnya biar guyup, rukun dan loh jinawi." harapnya.
Selain kegitan Apitan, Pemerintah Desa, dijelaskan Subkhan, juga mengadakan acara gerak jalan sehat  yang dihadiri kurang lebih 4.500 warga.
"Malam harinya juga dilanjutkan dengan mengadakan kirap budaya wayang kulit dengan cerita membangun kayangan atau membangun desa, progam 2 yang sudah di laksanakan berupa fisik yaitu membangun jalan, Taluttisasi dan lainnya." jelasnya.
Lebih lanjut, Subkhan mengungkapkan, masih ada satu yang belum terealisasi yaitu penanggulangan banjir.
"tetapi saya optimistis bisa terealisasi kalau ada dukungan dari pemerintah daerah maupun propinsi karena kali itu juga melewati desa-desa lainya untuk menuju ke laut." pungkasnya. (Pungki/Ricky)

No comments:

Post a Comment