Pro Kontra Sistem Zona Pada Penerimaan Siswa Baru Di Blora - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


06 July 2018

Pro Kontra Sistem Zona Pada Penerimaan Siswa Baru Di Blora


BLORA, suarakpk.com - Memasuki tahun ajaran baru 2018 ada yang beda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sejumlah pendapat beragam muncul dari masyarakat yang mempunyai anak yang ikut mendaftar sebagai calon siswa baru, Jumat 05/07/2018 suarakpk.com mencoba memantau jalanya pelaksanaan penerimaan murid baru di beberapa titik sekolah yang ada di blora.

Ada poin dan prosentase yang tertera di papan pengumuman. Calon siswa yang ada pada zona terdekat dengan sekolahan tempat mereka mendaftar punya kesempatan lebih tinggi dibandingkan dengan calon siswa yang berada pada luar zona. KIP atau Kartu Indonesia Pintar serta masyarakat yang punya kondisi kurang mampu perekonomianya juga mendapatkan prioritas untuk diterima selain pertimbangan nilai.

Menurut salah satu panitia, saat ditemui suarakpk.com, mengatakan bahwa pada tahun 2018 ini sekolahan mulai dari SD, SMP, SMA, menganut sistem Zonasi yang di atur dalam peraturan Kementrian Pendidikan Nasional.

Sementara, menurut Kepala Dinas Pendidikan Blora Drs.Wardoyo MPd menjelaskan maksud dan tujuan pemerintah adalah untuk memaksimalkan pemerataan sekolah-sekolah negeri yang tidak mendapatkan murid karena calon murid pada tahun-tahun sebelumnya lebih memilih sekolah yang mereka anggap favorit.
"Masyarakat luas menanggapi secara beragam, ada yang setuju dan ada yang tidak. Yang tidak setuju rata-rata mengharapkan anaknya bisa diterima di sekolah yang favorit seperti SMP 1, SMP 2, dan SMA 1 akan tetapi terbentur oleh aturan zonase yang dianggap kurang menguntungkan bagi mereka." jelasnya.

Di sisi lain, desas desus SKTM atau surat keterangan tidak mampu dari kepala Desa atau kelurahan yang diterbitkan sebagai siasat belaka untuk bisa mengakomodir kepentingan supaya bisa diterima dengan asumsi bahwa SKTM mempunyai poin 20% untuk nilai akumulasi bobot nilai akhir .

Akan tetapi mestinya masyarakat haruslah cerdas menyikapi juga memahami bahwa sitem zonasi punya tujuan baik dalam hal pemerataan siswa baik dari segi kwalitas serta kwantitas pendidikan yang ada di Blora. (Bambang/red)

No comments:

Post a Comment