Pasukan Kesenian Kodim 0729/Bantul Resmi Dikukuhkan - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


23 July 2018

Pasukan Kesenian Kodim 0729/Bantul Resmi Dikukuhkan


BANTUL, suarakpk.com - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) adalah kota seni dan budaya yang merupakan salah satu kota tujuan wisata baik lokal maupun manca negara. Melalui seni dan budaya menjadikan identitas bangsa lebih dikenal oleh dunia.

Untuk menjaga itu semua, Satuan Komando Distrik Militer (Kodim) 0729/Bantul yang dipimpin oleh Komandan Kodim (Dandim) Letkol Inf Yuswanto telah membentuk pasukan kesenian Bregodo Yudo Manggolo dan Jathilan Satrio Pringgondani.

Pada tanggal 27 Maret 2018 kedua grub kesenian Kodim 0729/Bantul ini sudah terdaftar di dinas kebudayaan kabupaten Bantul.

Senin (23/7). Dandim 0729/Bantul Letkol Inf Yuswanto ketika ditemui di Makodim 0729/Bantul menyampaikan,"Kesenian termasuk ciri khas dari Negara kita Indonesia, selain Negara kita dikenal dengan jiwa perjuangan yang tinggi, juga dikenal dengan ciri khas berbagai macam kesenian dan budaya. Kami selaku TNI, khususnya TNI AD Prajurit Kodim 0729/Bantul akan berperan serta dalam menjaga keanekaragaman kesenian dan budaya Indonesia, salah satu wujud nyatanya adalah melalui kesenian Bergodo dan Jathilan."

"Pasukan bergodo Kodim 0729/Bantul memiliki jiwa Nyawiji, Greget, Sengguh dan Ora Mingkuh (bersatu, gigih, percaya diri, pantang mundur) menjadi landasan pembentukan watak kesatria yang pengabdiannya ditujukan pada Nusa, Bangsa, dan Negara. Watak luhur yang berdasar idealisme dan komitmen atas kebenaran dan keadilan yang tinggi, integritas moral serta nurani yang bersih." tambahnya.

Sementara itu Dandim 0729/Bantul Letkol Inf Yuswanto juga menjelaskan bahwa, "Jathilan Satriyo Pringgondani menggambarkan sosok Prajurit berkuda yang gagah perkasa dan sigab dimedan perang yang akan menjadi benteng demi keutuhan wilayah NKRI, serta kesatria yang berbudi luhur, sederhana dalam kesehariannya dan selalu menjadi suri tauladan dalam menjalankan kehidupan dimasyarakat."

Kedua grub kesenian ini diperankan oleh para Prajurit dan PNS Kodim 0729/Bantul serta masyarakat yang secara resmi telah dikukuhkan disaat acara HUT Kabupaten Bantul Ke - 187, Jumat (20/7) kemarin dilapangan trirenggo Bantul.(Zulfab/red-Pendim)

No comments:

Post a Comment