Panglima TNI : Netralitas TNI Menjadi Kunci Pesta Demokrasi Yang Damai - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


17 July 2018

Panglima TNI : Netralitas TNI Menjadi Kunci Pesta Demokrasi Yang Damai


SEMARANG, suarakpk.com - Panglima TNI mengapresiasi peran serta para prajurit dan PNS TNI atas pelaksanaan tugas pada pelaksanaan Pilkada serentak di 171 wilayah di Indonesia, yang tersebar di 17 Provinsi, 39 Kota dan 115 Kabupaten dapat berjalan dengan tertib dan aman, tanpa ada gejolak kericuhan yang berarti.

Hal ini menjadi momentum yang sangat baik dalam berdemokrasi di negara kita sekaligus menunjukkan bahwa masyarakat kita sudah semakin dewasa dalam menerima berbagai perbedaan dalam menyalurkan aspirasinya.

Panglima TNI menyampaikan hal tersebut dalam amanat tertulis pada upacara 17 Juli 2018 yang dibacakan Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Bakti Agus Fadjari, S.I.P., M.Si. Upacara yang dilaksanakan di lapangan Makodam IV/Diponegoro ini diikuti oleh segenap Pejabat jajaran Kodam IV/Diponegoro, para prajurit dan PNS.

Lebih lanjut, menurut Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., secara individu prajurit TNI tidak melaksanakan hak pilih namun itu tidak menjadi halangan untuk senantiasa menjaga dan mengawal pelaksanaan pesta demokrasi ini sehingga dapat berjalan sukses dan lancar.

“Terima kasih atas komitmen netralitas yang telah ditunjukkan prajurit TNI, dimana netralitas tersebut menjadi salah satu kunci pesta demokrasi yang berlangsung dengan damai”, ungkap Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Disamping pelaksanaan Pilkada, program nasional yang perlu menjadi perhatian TNI selanjutnya adalah perhelatan akbar Asian Games ke18, yang akan dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus s.d. 2 September 2018 di Jakarta dan Palembang.
Hal ini mengingat Asian Games ini mempunyai nilai yang sangat strategis sebagai ajang penting untuk mempromosikan budaya dan pariwisata Indonesia, sekaligus sebagai national branding Indonesia di panggung internasional.

“Saya perintahkan kepada segenap Prajurit dan PNS TNI untuk turut serta mendukung dan mensukseskan jalannya perhelatan akbar yang berskala internasional ini”, imbuh Panglima TNI.

Para prajurit dan PNS memiliki peran pada perhelatan Asian Games ke 18 dengan membantu mempromosikan kepada seluruh komponen bangsa dan masyarakat pada umumnya, sesuai ajakan Bapak Presiden Joko Widodo.

Menyinggung kemajuan teknologi komunikasi dan informasi, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., menyampaikan saat ini telah muncul kelompok baru yaitu “Cyber Narcoterorism”. Kelompok ini menggunakan dunia maya sebagai wahana untuk mengedarkan dan menyalahgunakan Narkotika yang hasilnya digunakan untuk membiayai kegiatan terorisme.
Hal ini menjadi ancaman serius dan sangat berbahaya bagi bangsa Indonesia.

Kita harus mewaspadai dan mengantisipasi serta mencegah secara dini “Cyber Narcoterorism” yang menjadi musuh bersama bangsa Indonesia saat ini, bahkan menjadi musuh bangsa-bangsa di dunia. Sehingga diharapkan, kita harus siap mengantisipasi perkembangan situasi.
Diakhir amanat, Panglima TNI menyampaikan beberapa atensi dan harapan antara lain, para prajurit dan PNS harus senantiasa meningkatkan keiman dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral, etika dan kepribadian dalam rangka mengemban tugas sebagai Prajurit dan PNS TNI, serta sebagai warga dalam kehidupan bermasyarakat, mengamalkan “Delapan Wajib TNI”, hormati “kearifan lokal”, dan memantapkan “kemanunggalan” TNI-Rakyat di atas semangat Bhinneka Tunggal Ika.

Selain itu juga, menjaga dan meningkatkan soiliditas, solidaritas Prajurit dan PNS TNI, baik internal satuan maupun antar Angkatan sebagai pondasi terwujudnya soliditas dan solidaritas nasional, setiap komandan satuan agar meningkatkan pembinaan satuan dengan mengedepankan “kepemimpinan lapangan” yang penuh simpati, keteladanan dan pengayoman terhadap anak buah. Dan membudayakan tradisi belajar dan berlatih secara terencana serta mandiri, guna meningkatkan kualitas, kapasitas, dan 12 wawasan, serta penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, sesuai bidang tugas masing-masing, sejalan dengan perkembangan tuntutan tugas. (pungki/red-pendam/IV)

No comments:

Post a Comment