Dinilai Tidak Transparan, Warga Segel Kantor Desa Bagan Baru - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


20 July 2018

Dinilai Tidak Transparan, Warga Segel Kantor Desa Bagan Baru


BATU BARA, suarakpk.com - Puluhan warga Desa Bagan Baru Kecamatan Nibung Angus (Pemekaran dari Kecamatan Tanjung Tiram) Kabupaten Batu Bara Provinsi Sumatera Utara Kamis (19/7) demo Pjs Kepala Desa (Kades) Bagan Baru.

Aksi tersebut dilakukan karena Pjs Kades berinisilal Ir dinilai tidak transparan dalam pengelolaan Dana Desa (DD) dan wargapun nekad menyegel kantor desa tersebut.
 
 "Penyegelan itu terjadi puncak dari kecewanya warga karena oknum Kades inisial 'IR' dinilai tidak transparan dalam pengelolaan Dana Desa (DD)", sebut warga.

Pada aksi demo itu, Warga membawa karton berwarna putih yang bertuliskan “ Kantor Desa Disegel Masyarakat,’ dibubuhi tanda tangan warga yang hadir di depan kantor Desa sambil membakar ban.

Menurut salah satu Tokoh Masyarakat yang ikut dalam aksi, Suriadi (44), penyegelan kantor Desa ini merupakan wujud dari protes Masyarakat kepada Pjs Kades yang tidak pernah melibatkan Masyarakat dalam musyawarah pengelolaan Dana Desa.
Selain itu menurut mereka oknum Kades IR juga  tidak pernah melibatkan warga dalam menyusun Rancangan Anggaran Perbelanjaan Desa (RAPBDes).

 "Milliaran Anggaran Desa ini dikucurkan Pemerintahan pusat dan Daerah, namun pengelolaannya tidak pernah transparan, oknum Kades selalu tertutup dan plank anggaran pun tidak pernah dibuat", ungkapnya.

Berbagai persoalan yang terjadi tambahnya telah disampaikan pada Pemkab Batu Bara dan DPRD Batu Bara namun sampai aksi tersebut terjadi belum ada tanggapan, "Masyarakat desa ini menolak Pejabat Sementara (Pjs) Kades Bagan Baru dan meminta segera diganti", imbuhnya.

Warga juga mengatakan, apabila tuntutan mereka tidak segera dipenuhi, maka warga akan menurunkan massa yang lebih besar lagi. ( Muhammad Amin)

No comments:

Post a Comment