Dana Desa Di Desa Sei Buah Keras di-Pertanyakan - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


17 July 2018

Dana Desa Di Desa Sei Buah Keras di-Pertanyakan


BATU BARA, suarakpk.com - Dana Desa (DD) Desa Sei Buah Keras (SBK) dari tahun 2015 sampai 2018 menjadi sorotan beberapa LSM dan para kuli tinta. Pasalnya, Dana yang dianggarkan dari APBN itu diduga tidak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh Pemerintah dan juga Masyarakat setempat.

Selain tidak sesuai, semua pengerjaan tidak menggunakan plank proyek dan dikhawatirkan mark' up serta tumpang tindih anggaran sementara Pemerintah sudah mengatur dalam peraturan Presiden  tentang Kewajiban memasang plang dan papan nama itu tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54 Tahun 2010 dan Perpres Nomor 70 Tahun 2012. Selain itu ada Permen PU No 12 Tahun 2014.

Kades SBK Suibban AS kemarin Senin (16/07) saat dikonfirmasi suarakpk.com terkait kejelasan Dana yang digunakan, Kades Suibban nampak enggan dan menghindar dari media, ditunggu di ruangan Kaur lebih dari 1 jam, Kades SBK langsung keluar tanpa menghiraukan konfirmasi media.

Terpisah, melihat perilaku Kades Suibban, warga desa meminta kepada Aparat hukum yang ada di kabupaten Batu Bara khususnya Tindak Pidana Korupsi untuk segera melakukan penyelidikan atas dugaan ketidak transparanan penggunaan Dana Desa di Desa Sei Buah Keras.

Menurut warga yang enggan disebutkan namanya, bahwa Kades Suibban yang menghindar dari pertanyaan wartawan, justru Kades Suibban terkesan membenarkan adanya dugaan penyalahgunaan anggaran Dana Desanya hanya untuk kepentingan pribadi.

Selain Desa Sei Buah Keras banyak lagi pengerjaan proyek tanpa menggunakan plang diantaranya Desa Nenassiam dan Desa Medang Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara Provinsi Sumatera Utara. (Muhammad Amin)

No comments:

Post a Comment