BABINSA DESA CARIKAN AJAK PETANIMANFAATKAN IRIGASI P2T UNTUK TANAM PADI DI MUSIM KEMARAU - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

11 Juli 2018

BABINSA DESA CARIKAN AJAK PETANIMANFAATKAN IRIGASI P2T UNTUK TANAM PADI DI MUSIM KEMARAU


BENDO, suarakpk.com - Untuk mewujudkan program pemerintah dalam swasembada pangan salah satunya hasil padi, Serka Muhammad Zaenuri sebagai babinsa desa carikan ikut berperan aktif dalam pendampingan kepada para petani dengan mengajak para petani untuk segera membuat pembibitan sebelum panen padi tiba. Sehingga setelah padi dipanen para petani tinggal mengolah lahan dan bibit padi sudah siap untuk dilaksanakan penanaman kembali, sehingga jarak waktu panen dengan musim tanam tidak terlalu lama. Walaupun sekarang musim kemarau diharapkan para petani tetap tanam padi dengan irigasi dari P2T. kemarin, Selasa, (10/07/18).

Pemerintah dalam mewujudkan swasembada pangan tidak dapat melakukannya sendiri, namun butuh bantuan berupa partisipasi aktif semua elemen dalam masyarakat. Begitu juga pelibatan TNI dalam pendampingan swasembada pangan ini. Babinsa Desa Carikan Serka Muhammad Zaenuri melaksanakan pendampingan kepada para petani mulai dari pengolahan lahan, pembibitan, tanam, penyiangan, pemupukan dan penyemprotan hama serta ikut dalam pendampingan panen padi.

Dalam mewujudkan program pemerintah ini tidak sepenuhnya dapat berjalan dengan mudah karena harus menghadapi beberapa kendala yang bersifat klasik. Contohnya masih terjadi ketimpangan pusat produksi pertanian sangat besar. Hampir 40% dari luas persawahan yang ada di wilayah indonesia terkonsentrasi di Pulau Jawa.

Kalau kita lihat luas pulau jawa hanya 7% dari luas daratan Indonesia yaitu sebesar 181 juta hektare. Sedangkan 60% penduduk Indonesia bertempat tinggal di pulau Jawa. Inilah yang menjadi kendala karena lahan sawah di pulau Jawa setiap tahun semakin menyusut dan hilang karena beralihnya fungsi untuk pemukiman atau perindustrian. 

Sebagai Babinsa Serka Muhammad Zaenuri harus mempuyai cara untuk mengatasi hal tersebut, salah satunya dengan mengajak peran aktif para petani dan ketua poktan untuk mempercepat musim tanam ini agar lahan persawahan tidak terlalu lama kosong. Dengan percepatan musim tanam diharapkan hasil panen akan maju. Serta mengajak para petani agar terus tanam padi walaupun musim kemarau sehingga dalam satu tahun bisa panen tiga kali sehingga target pemerintah dalam swasembada pangan akan segera terwujud. (R13/tsr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)