Walau Sudah Berstatus BLUD, RSUD Chassan Boesoeri Tetap Butuh Suntikan DAK - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


07 June 2018

Walau Sudah Berstatus BLUD, RSUD Chassan Boesoeri Tetap Butuh Suntikan DAK


TERNATE, suarakpk.com - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Chasan Boesoeri Ternate sudah berubah status pengelolaan menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) pada akhir 2017 lalu. Ini karena dituntut untuk terus meningkatkan kinerja dan sentra pelayanan prima kepada masyarakat.

RUSD yang dipimpin Syamsul Bahri ini mengaku peningkatan status tersebut, menyusul telah tersedianya perlengkapan dan alat medis rumah sakit dan juga tenaga kesehatan, berupa dokter umum dan spesialis.

Menurutnya, peningkatan status RSUD menjadi BLUD merupakan  keharusan setiap daerah sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 61 Tahun 2007 tentang Pedoman teknis Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah, serta diperkuat dengan Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2009 tentang rumah sakit yang mengharuskan pemerintah daerah supaya manajemen rumah sakit menganut pola PPK- BLUD. “Jadi tujuannya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat dan tentunya untuk menambah pendapatan asli daerah,”ungkap Syamsul.

Meski begitu, Syamsul meminta suport anggaran dari pemerintah harus tetap dilakukan untuk belanja modal dan non modal. Diantaranya Dana Alokasi Khusus (DAK) yang digunakan untuk belanja alat-alat kesehatan dan pengembangan rumah sakit serta APBD dari Provinsi."Walaupun subsidi operasional non modalnya belum ada, tapi kita tetap jalan,"keluhnya.

Diakui kendala di lapangan atas penerapan BLUD ini tetap ditemukan. Tapi,dengan sistem BLUD ini mempunyai kebutuhan-kebutuhan yang memerlukan pelayanan cepat, sehingga harus diatasinya juga."Begitu juga dalam mengatasi sistem keuangan yang kita bentuk sekarang. Kita lebih terkontrol tanpa menunggu uang dari Pemprov. Apalagi realisasi kegiatan hasil akhirnya akan diperiksa oleh auditor independen,inspektorat dan BPK,"sebutnya.(rd).

No comments:

Post a Comment