Kapolres Blora Pimpin Upacara Lahirnya Pancasila - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

01 Juni 2018

Kapolres Blora Pimpin Upacara Lahirnya Pancasila


BLORA, suarakpk.com - Dalam rangka memperingati hari lahirnya Pancasila, jumat 1 Juni 2018 pukul 08.00 WIB, dilapangan upacara Mapolres Blora, Kapolres Blora AKBP Saptono S.I.K, M.H, Irup Upacara.

Upacara ini diikuti Pejabat Utama dan seluruh Perwira serta segenap Personil Polri dan ASN Polres Blora. Kapolres Blora selaku Inspektur Upacara membacakan Sambutan Presiden RI Joko Widodo.

Peringatan hari lahir Pancasila ke-73 ini, Presiden melalui Kapolres Blora menyampaikan beberapa hal antara lain; Bahwa Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan pancasila tanggal 1 juni 1945 yang dipidatokan Ir. Soekarno, Piagam Jakarta dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945.

Pancasila adalah jiwa besar para founding fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok nusantara sehingga bisa membangun kesepakatan dan mempersatukan bangsa.

Kodrat bangsa Indonesia dengan keberagamanya telah menjadi kekuatan bangsa, itulah ke-bhineka tunggal ika-an kita, namun saat ini bangsa kita sedang mengalami ujian dan tantangan dengan munculnya sikap intoleran yang mengusung ideologi selain Pancasila.

“Perlu diketahui Pancasila sejak lahir dulu sudah digempur dengan berbagai ideologi lain yang ingin menggantikannya. Namun Pancasila tetap kokoh sampai saat ini dan akan kita pertahankan selamanya,” jelas AKBP Saptono.

Untuk itu perlu peran aktif semua elemen bangsa maupun masyarakat untuk menjaga Pancasila, tingkatkan pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Tidak ada pilihan lain kecuali kita harus bahu membahu menggapai cita-cita bangsa, menyatukan hati, pikiran dan tenaga untuk persatuan dan persaudaraan serta kembali ke jatidiri sebagai bangsa yang santun, berjiwa gotong royong dan toleran. Kita juga harus waspada terhadap segala bentuk pemahaman dan gerakan yang tidak sejalan dengan Pancasila, terhadap semua ancaman ini tentunya Pemerintah akan bertindak tegas.

Sekali lagi diingatkan mari jaga perdamaian, persatuan dan persaudaraan diantara kita dengan saling bersikap santun, menghormati, toleran dan saling membantu untuk kepentingan dan kemajuan bangsa Indonesia.

Terakhir Presiden menyampaikan Selamat Hari Lahir Pancasila, Kita Indonesia, Kita Pancasila, Bersatu, Berbagi dan Berprestasi,dan saling hormat menghormati. (Bambang/red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)