Danrem 074/Warastratama Buka Latihan Posko I Kodim 0728/Wonogiri - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

25 Juni 2018

Danrem 074/Warastratama Buka Latihan Posko I Kodim 0728/Wonogiri


WONOGIRI, suarakpk.com - Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Widi Prasetijono secara resmi membuka Latihan Posko-I Kodim 0728/Wonogiri di Makodim 0728/Wonogiri Jln. Jenderal Sudirman No. 226 Kelurahan Giritirto Wonogiri. Senin (25/6/18).

Latihan Posko-I Kodim 0728/Wonogiri dihadiri Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf M. Heri Amrulloh S.Sos., M.H., para Dandim, Kasi, Pasi dan Kabalak Korem 074/Wrt, para Kasdim dan Pasi Kodim jajaran Korem 074/Wrt, para pejabat Pemda dan Polri serta pejabat terkait dalam penanggulangan bencana.

Danrem 074/Wrt dalam sambutannya menyampaikan,  Latihan Posko I Kodim 0728/Wonogiri merupakan metode latihan taktis tanpa pasukan yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan prosedur hubungan komandan dan staf dalam merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan operasi bantuan penanggulangan bencana alam, pengungsian serta pemberian bantuan kemanusiaan.

Selain itu juga untuk mengetahui sejauh mana kesiapan operasional jajaran Kodim 0728/Wonogiri, khususnya dalam mengimplementasikan prosedur tetap yang ada, serta menguji kemampuan dalam menjalankan koordinasi di tingkat Kodim, termasuk didalamnya unsur Pemerintah Daerah dan Polri
serta instansi terkait dalam wadah BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah).

Tujuannya dari latihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pengawasan dan pengendalian sebagai mekanisme dalam
mengantisipasi berbagai dinamika dan permasalahan bencana alam yang berkembang dalam masyarakat di wilayah Wonogiri dan Eks Karesidenan Surakarta pada umumnya.

"Latihan ini sekaligus merupakan uji Protap dalam menghadapi berbagai permasalahan yang mungkin timbul dalam pelaksanaan tugas diwilayah dengan kemampuan yang memadai khususnya dalam menanggapi, menangani dari menyelesaikan suatu permasalahan dengan cepat dan tepat sehingga tidak berkembang menjadi kerawanan yang mempengaruhi stabilitas keamanan dan menghambat pembangunan di daerah", terang Danrem.

Lebih lanjut dijelaskan, persoalan-persoalan yang dilemparkan dalam latihan ini tidak terlepas dari tugas pokok Kowil. "Persoalan dan materi yang disampaikan oleh Wasdal harus dapat dipahami dengan baik, dipraanggapkan sebagai peristiwa yang benar-benar terjadi, kemudian dicari langkah yang tepat untuk mengatasi persoalan tersebut dengan memberdayakan semua alat peralatan dan fasilitas yang dimiliki", pinta orang nomor satu di Korem 074/Wrt.

Latihan ini merupakan penjabaran dari UU No. 34 Tahun 2004, tentang TNI pasal 7 ayat (2).b. yaitu Operasi Militer Selain Perang (OMSP).
Dimana Kodim 0728/Wonogiri akan melaksanakan operasi bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Wonogiri dalam rangka mengantisipasi ancaman bencana alam yang akan terjadi di wilayah.

Latihan Posko-I Kodim 0728/Wonogiri yang mengambil thema "Kodim 0728/ Wonogiri bersama seluruh komponen bangsa membantu Pemerintah Daerah dalam menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan di wilayah dalam rangka Operasi Militer Selain Perang", diharapkan semua unsur yang terkait dalam latihan dapat menyelesaikan semua persoalan yang diberikan dan dapat mengambil langkah dengan tepat.

Dalam memecahkan suatu persoalan, hendaknya diatasi dengan cara berkoordinasi, kerja sama terpadu antar instansi pemerintah,
serta bagaimana melaksanakan perintah atasan dengan membuat perkiraan staf sesuai tugas dan tanggung jawab masing-masing.

"Saya minta agar latihan posko ini dapat dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan  bertanggung jawab guna meningkatkan kemampuan kita dalam mendukung pelaksanaan tugas yang akan datang", pungkas Danrem. (001/red-pendam)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)