Ada Apa Makam Sunan Giri Malam Ini Dipenuhi Warga - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


09 June 2018

Ada Apa Makam Sunan Giri Malam Ini Dipenuhi Warga


GRESIK, suarakpk.com - Sudah menjadi turun temurun tradisi malam ganjil atau disebut malam25 dibulan ramadan tepatnya hari ini sabtu 9/6/2018 di pasarean Sunan Giri, Gresik, banyak peziarah dari Gresik dan dari luar kota Gresik guna mencari berkah di pasarean Sunan Giri.
Dengan penuh kekusukan, para peziarah berdoa memohon pada Tuhan yng Maha Esa guna untuk mendapatkan berkah di malam ganjil atau disebut dengan 25 dengan penuh keyakinan diperlihatkan oleh para peziarah di komplek makam.
Salah satu peziarah H.Muhaimin yang juga termasuk warga sekitar Giri, dia bercerita bahwa acara ziarah sudah menjadi tradisi turun temurun.
"sejak dulu dan kalau saya berdoa di sini sampai subuh baru pulang, hati dan pikiran menjadi damai sentosa setelah selesai berdoa di malm 25 ini." tuturnya
Hal senada dengan Muhaimin, warga dari Bungah, Ady menceritakan jika dirinya datang di makam Sunan Giri berniat berdoa.
"selesei berdoa saya jalan-jalan, sama mencari-cari pakaian dan celana untuk lebaran karena harganya lebih murah daripada di tempat lain."ujarnya.
Masyarakat sekitar berkeyakinan bahwa keberkahan pasti ada selama manusia mau berdoa apalagi di malam ganjil di bulan ramadhan, apabila berdoa di makam orang-orang yang semasa hidupnya selalu dibuat untuk bermunajat kepada Tuhan yang Maha Esa seperti di makam kanjeng sunan Giri ini, tak ayal lagi yang datang peziarah yang datang dari berbagai wilayah di Jawa, sehingg nampak jumlahnya beribu ribu orang.
Karena mereka ingin mencari berkah Tuhan yang Maha Esa, bertawasul d imakm kanjeng sunan Giri Gresik, meski jaman tambah maju tradisi malam 25 di bulan ramadhan masi tetap banyak yang menyakini serta melaksanakan, karena dengan bermunajat di malam ganjil ini diyakini malam turunnya Al Quran atau disebut malam Nuzulul Quran rata-rata orang, yang bermunajat di malam ini hati dan fikiran menjadi tentram damai dan sentosa.(ramat/red)

No comments:

Post a Comment