Pembukaan Pameran Seni Rupa "Konco Kenthel" - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


24 May 2018

Pembukaan Pameran Seni Rupa "Konco Kenthel"


YOGYAKARTA, suarakpk.com - Pameran Seni Rupa "Konco Kenthel" sore menjelang magrib (23/5) tadi dibuka oleh Heri Kris seorang seniman yang juga penulis.
Pameran yang digelar di Gallery SMSR Yogyakarta, dibuka mulai hari ini, rabu (23/5) sampai dengan (2/6) dimulai dengan berbuka puasa bersama, pembukaan pameran para seniman dibuka dengan perform musik "fals tenan" memunculkan suasana penuh keakraban dan kekeluargaan.
Dijelaskan panitia, Joko Gundul bahwa tema Konco Kenthel adalah sebuah persahabatan yang terjalin antara teman satu dengan lainya yang begitu lama dan melewati proses suka dan duka.
"Konco kenthel yang dimaksud mereka adalah para perupa yang tidak asing di kota Jogja ini, Agus Sahri, Budi Dharma (Penceng), C.Rodyn Choerudin, Deden Fg, Evri Irmasari, Heru Londo, Heri Purwanto, Heri Sulaksono, Iskandar Sy, Imam Supriyantono, Judi Riswanto, Karta Wardaya, Niluh Sudarti, Nunung Riyanto, Rahmat Supriyono, Rismanto, S. Supriyadi, Setia Utami, Srilestari Pujiastuti, Wiwid Wiji Siswo Bayu, Watie Respati, Wage eS, Zuliyanto." jelas Joko.
Menurutnya, dari hasil dari kekancan, dimana mereka saling mensuport dan toleran walau berbeda pandangan serta berbeda gaya dalam  lukisan mereka.
"seperti terlihat, Heru londo yang nekad "Ngluruk tanpo bolo" menampakkan jiwa kesatria" Wati Respati dengan Harmoninya, pak Rahmad  mengangkat tema religius, Agus Sahri dengan abstraknya serta konco konco kenthel lainya dengan kekhasannya  masing masing." tuturnya.
Ditambahkan Joko, di bulan yang suci ini mereka dapat menjadi contoh baik sebuah kekancan yang sangat toleran, rukun, damai, saling menghargai dan mengeluarga.
"Itulah konco sejati yang tersirat dalam Pameran Seni Rupa "Konco Kenthel" yang akan berakhir 2 juni 2018 mendatang." pungkasnya. (Sukoco Hyt)

No comments:

Post a Comment