Pelantikan Majelis Pembimbing Saka Kalpataru Kwartir Cabang Labuhanbatu - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

01 Mei 2018

Pelantikan Majelis Pembimbing Saka Kalpataru Kwartir Cabang Labuhanbatu


LABUHANBATU, suarakpk.com - Ka Kwarcab 05 Labuhanbatu Hj.Siti Awal Siregar Melantik majelis pembimbing dan pengurus Saka Kalpataru masa bakti 2018-2022 berlangsung di Aula Gedung PKK Kabupaten Labuhanbatu, Senin (30/4/2018).

Dalam kesempatannya Ka Kwarcab 05 Labuhanbatu Hj.Siti Awal Siregar mengatakan “Saka Kalpataru sebagai "pohon kehidupan" di kwartir cabang Labuhanbatu, yang dijaga dan dikelola oleh patriot Pramuka Peduli Pelestarian Lingkungan Hidup, gerakan Pramuka Kwarcab Labuhanbatu terus berbenah dan menyempurnakan organisasi, dengan menjalin komunikasi dan kerja sama dengan berbagai instansi Pemerintah di tingkat daerah maupun Kabupaten, hingga saat ini telah di lantik 7 Saka dibawah naungan Kwarcab Gerakan Pramuka 05 Labuhanbatu”, ujarnya.

"kita telah memiliki 7 Saka di bawah naungan Kwarcab Labuhanbatu yaitu Saka Wira Kartika, Saka Bhayangkara, Saka Kencana, Saka Taruna Bumi, Saka Widya Budaya Bhakti, Saka Bhakti Husada dan Saka Kalpataru yang baru saja dilantik, perlu kami sampaikan pada tahun 2017 Saka Wanabakti tingkat Nasional menunjuk Kwarcab Labuhanbatu dalam merekrut Saka Wanabakti yang tersebar di seluruh wilayah Kwarcab Labuhanbatu" tambahnya.

Beliau berpesan ”mari bersama memberikan dukungan moril maupun materil, walaupun hanya sebuah pohon tetapi sangat bermanfaat bagi penerus kita kelak, dan masalah sampah juga harus benar-benar dibenahi untuk penanganannya beliau juga mengajak seluruh Kwarcab Labuhanbatu untuk terus menggaungkan dan menyebarkan virus prinsip 7M Pramuka Peduli Pelestarian Lingkungan Hidup”.

Perlu diketahui pembentukan Saka Kalpataru ini berdasarkan kerjasama antara Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dan Kementrian Lingkungan Hidup R.I yang dituangkan dalam SK Nomor 13/Munas/2013 tanggal 5 Desember 2013, menindaklanjuti hal tersebut Saka Kalpataru yakni membekali setiap anggota Saka Kalpataru sesuai dengan Krida 3R (Reuse, Reduce, Recycle), Krida Perubahan Iklim dan Krida Konservasi Keanekaragaman Hayati.

Dalam kesempatanya Ka Mabi Saka Kalpataru terlantik Kepala Badan Lingkungan Hidup Labuhanbatu H.Kamal Iham SKM, MM mengucapkan "terimakasih atas amanah yang diberikan dan akan saya jalankan serta kembangkan, masalah sampah akan jadi prioritas kami , saat ini sudah berjalan pengelolaan bank sampah , dan mohon dukungan Kwarcab Labuhanbatu untuk menjadikan Kabupaten Labuhanbatu sebagai Kota Idaman yang bersih dari sampah".

Adapun susuan pengurus cabang majelis pembimbing dan pengurus Saka Kalpataru Kwartir Cabang 05 Labuhanbatu masa bakti 2018-2022 yakni , H.Kamal Ilham SKM, MM sebagai Ka Mabi Saka , sekretaris Kabid Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan sebagai sekretaris, pimpinan Saka ketua Murjani Sitepu S.P.d, wakil ketua Kasi Penegak Hukum Lingkungan, Pamong Saka Marianto dan Harweny Frisca Siregar, SE.

Selanjutnya Krida 3R (Reduce, Reuse, Recycle) ketua Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3, wakil ketua Kasi Penanganan Sampah, Krida Perubahan Iklim ketua Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup, wakil ketua Kasi Kerusakan Lingkungan, Krida Konservasi Keanekaragaman Hayati ketua Kabid Tata Lingkungan wakil ketua Kasi Kajian Dampak Lingkungan.

Acara tersebut ditutup dengan penggalangan dana korban sinabung oleh seluruh jajaran Ka Kwarcab Labuhanbatu yang berhadir, didapati hasil penggalangan dana tersebut yakni sebesar Rp.1.013.000,000', serta peresmian sanggar Kalpataru dan penanaman pohon oleh Ka Kwarcab Labuhanbatu H.Siti Awal Siregar di Dinas Lingkungan Hidup Labuhanbatu dan diharapkan dapat bermanfaat bagi generasi muda kedepan. (Red.408).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)