Menjelang Bulan Suci Ramadhan, Pemprov Malut Keluarkan Surat Himbauan - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


16 May 2018

Menjelang Bulan Suci Ramadhan, Pemprov Malut Keluarkan Surat Himbauan


SOFIFI, suarakpk.com - Dalam rangka menyambut dan menghormati kesucian bulan Ramadhan tahun 1439 H/2018 M, Pemerintah Daerah Provinsi Maluku Utara mengeluarkan 10 poin himbauan kepada seluruh masyarakat Maluku Utara. Plt gubernur Malut M. Natsir Thaib kepada wartawan dikantor gubernur, Rabu (16/5/2018) menuturkan, "Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh rahmat, dimana dengan bulan suci Ramadhan ini ummat muslim di Malut dapat beribadah dengan baik,"ucap M. Natsir.

Menurutnya, untuk kenyamanan dalam beribadah senantiasa perlu terjalinnya kerjasama semua pihak. "Di bulan yang penuh berkah ini, kita selalu menjaga kedamaian dan kekeluargaan kita sehingga ibadah kita benar-benar berjalan dengan baik, serta tali silaturrahmi kita dengan sesama ummat agar dapat terjalin untuk Maluku Utara yang damai, aman dan tertib,"ungkapnya.

Sesuai dengan surat himbauan yang dikeluarkan oleh Pemprov Malut berisi 10 poin himbauan itu diantaranya ;

1. Tunaikan ibadah puasa dengan baik dan penuh perhitungan yakni puasa yang senantiasa dilandasi iman dan taqwa serta selalu mengharapkan Ridha Allah SWT.

2. Perbanyaklah membaca Alquran, berzikir, dan beritikaf selama bulan suci Ramadhan.

3. Makmurkanlah masjid-masjid dengan kegiatan ibadah shalat wajib maupun sunnah terutama shalat sunnah malam Ramadhan, jagalah kenyamanan berada di masjid dengan menjaga kebersihan lingkungan masjid.

4. Tunaikan zakat, dan tingkatkan infaq/shadaqah melalui Badan Amil Zakat (BAZ) atau Lembaga Amil Zakat (LAZ) dan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kabupaten dan Kota serta Provinsi, sebagai perwujudan pengamalan terhadap isi kandungan AlQur’an dan Sunnah Rasulullah SAW.

5. Tumbuhkan dan tingkatkan peran serta umat dalam membangun masyarakat yang religius, intelektual, kreatif dan produktif untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing berdasarkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

6. Kepada para muballig/muballighah (da'i-daiyah), sampaikanlah pesan-pesan moral kepada masyarakat berdasarkan kitab suci Al Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW sehingga menjadi siraman rohani yang menyejukkan. Hindarilah persoalan khilafiyah yang dapat memperkeruh perselisihan antar kelompok masyarakat, serta terjemahkanlah gagasan pembangunan melalui pintu dan bahasa agama.

7. Mantapkan pemahaman masyarakat terhadap pelaksanaan kerukunan hidup beragama, baik kerukunan hidup intern umat beragama maupun kerukunan hidup antar umat beragama, bagi non muslim agar menghormati yang berpuasa, untuk menjaga stabilitas nasional dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 8. Kepada para pemilik restauran, rumah makan, cafe, warung, kedai dan sejenisnya, agar tidak membuka jualan/dagangannya di siang hari secara demonstratif karena dapat mengganggu kekhusyuan orang yang sedang berpuasa.

9. Kepada para ulama, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh wanita serta seluruh komponen masyarakat, menciptakan situasi yang kondusif khususnya di Wilayah Provinsi Maluku Utara dan,

10. Tumbuhkan kesadaran untuk senantiasa berperilaku jujur baik dalam perkataan maupun perbuatan serta berupaya mencegah tindakan yang mengarah pada Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN), dan penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan bahan adiktif lainnya.(RD).

No comments:

Post a Comment