Komnas Perlindungan Anak Berdiri Di Provinsi Maluku Utara - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

07 Mei 2018

Komnas Perlindungan Anak Berdiri Di Provinsi Maluku Utara


JAKARTA, suarakpk.com - Meningkatnya berbagai bentuk kasus pelanggaran hak anak di wilayah hukum Maluku Utara telah mendorong masyarakat, media, dan para pemangku kepentingan perlindungan anak  bertekad mendirikan Kantor Komnas Perlindungan Anak untuk Maluku Utara.

Akan didirikannya Kantor Perwakilan Komnas Perlindungan Anak untuk  Maluku Utara diharapkan menjadi lembaga independen yang dapat digunakan sebagai mitra masyarakat dan pemerintah untuk memberikan pemenuhan, pembelaan serta perlindungan bagi anak di Maluku.

"Dibangunnya kantor Komnas Perlindungan untuk Maluku Utara adalah sebagai persiapan dan cikal bakal berdirinya lembaga-lembaga Perlindungan Anak ditiap-tiap Kabupaten dan Kota. Saat ini telah dibentuk kepengurusan Lembaga Perlidungan Anak (LPA) di Kota Ternate, Kota Tidore, Halmahera Barat dan Halmahera Selatan menyusul sisanya di  6  kabupaten." Demikian disampaikan Arist Merdeka Sirait Ketua Umum Komnas Perlindungan Anak menjawab wartawan di Jakarta, Minggu (07/05).

"Untuk menguatkan kelembagaan Perlindungan anak ditiap-tiap Kabupaten dan kota, karena gerakan perlindungan anak merupakan tanggungjawab bersama, Rais Dero, sebagai pemprakarsa sekaligus Kordinator POKJA Komnas Perlindungan anak di Maluku menyampaikan bahwa hadirnya Kantor Komnas Perlindungan Anak untuk Maluku Utara akan melibatkan forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), tokoh masyarakat dan berkordinasi dengan Kesbangpol Maluku Utara."jelas Arist.

Arist menambahkan, untuk menjalankan visi dan missi gerakan perlindungan anak di Maluku diharapkan kehadiran lembaga perlindungan anak di Maluku Utara akan menjalankan program pencegahan, deteksi dini dan respon terhadap kasus.

"Hadirnya Komnas Perlindungan Anak sebagai lembaga independen  perlindungan anak untuk Maluku Utara tidaklah terlepas dari hasil kunjungan kerja (Kunker) Komnas Perlindungan Anak pada pertengahan Juli 2018 yang difasilitasi Wahana Visi Indonesia (WVI) Regional Maluku dan hasil audensi dengan Gubernur Maluku Utara dan Walikota Ternate. Dan dalam waktu tidak terlalu lama juga akan dibentuk lembsga yang sama di Kabupaten Malawi Kalimantan Timur, Kabupaten MAROS Sulawesi Selatan dan di Papua."paparnya.

Aris sendiri mengajak kepada semua pihak agar dapat mendorong kepentingan anak di Indonesia dan khususnya di Maluku Utara.

"Demi kepentingan terbaik anak (the best interest of the child), Komnas Perlindungan Anak (KOMNAS PA) selalu ada dan hadir untuk Anak Indonesia."harapnya.(RD).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)