Kepala Dinas Koperasi Mubar : Koperasi Dan UKM Mubar Fokus Pada Pelatihan Pengurus Koperasi - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


28 May 2018

Kepala Dinas Koperasi Mubar : Koperasi Dan UKM Mubar Fokus Pada Pelatihan Pengurus Koperasi


Ketgam : Kadis Koperasi dan UKM Muna Barat,  H Burhanuddin. Foto : Randy Yaddi.

MUNA BARAT, suarakpk.com- Memasuki tahun anggaran 2018, dalam pengelolaan anggaran koperasi dan UKM Muna Barat (Mubar) dominan pada pelatihan-pelatihan pengurus koperasi.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Mubar, Burhanuddin mengatakan, hal ini dilakukan sebagai penguatan pengurus koperasi dalam menata strusktur perkoperasiannya agar tetap menjadi koperasi yang sehat. 

"Mulai dari pelatihan pengurus koperasi,  badan pengawas dan rapat akhir tahun. Pemahaman soal akuntasi koperasi ini,  terus kita lakukan supaya peningkatan kualitas dapat menjami sebuah koperasi agar tetap menjadi koperasi yang sehat," ujarnya via WhatsAppnya, Senin 28 Mei 2018.

Katanya, ini semua dilakukan sebagai titik berat dinas untuk terus melakukan pembinaan agar koperasi bisa sehat dan dapat bersaing dengan koperasi-koperasi lainnya yang ada di Mubar bahkan di luar Mubar.

"ini merupakan visi dan misi Pak Bupati Rajiun dalam peningkatan bukan hanya kualitas tapi juga kuantitas," ucapnya.

Menurutnya, sejauh ini baru satu kali dilakukan pelatihan yakni pelatihan prinsip-prinsip pemahaman perkoperasian dengan menghadirkan pemateri dari provinsi yang diikuti oleh 250 peseta meliputi para kades dan perangkatnya kemudian para pengurus koperasi kemudian kelompok tani andalan nelayan (KTNA). Dan pihaknya mengharapkan mereka ini akan menjadi cikal bakal lahirnya koperasi yang muncul dari kelompok tani atau nelayan sebagai peserta koperasi," ungkapnya.

Kata dia, dengan adanya pelatihan pelatihan tersebut, dapat membantu masyarakat agar dapat memahami secara utuh bagaimana pentingnya kalau di tengah tengah masyarakat ada koperasi. Sehingga semua pengurus dapat terorganisir di desanya masing-masing. 

"Saat ini jumlah koperasi di Muna Barat yang tercatat dalam buku adminiatrasi adalah sebanyak 235 koperasi. Hanya saja yang aktif sekitar 70-80 persen dinyatakan sehat. Dan tingkat kesehatannya doukur dari RATnya yang dilaksanakan," tukasnya. (Randy Yaddi).

No comments:

Post a Comment