Jamban "Sehat" Dibangun Kades Lubuk Besar - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

15 Mei 2018

Jamban "Sehat" Dibangun Kades Lubuk Besar


BATU BARA, suarakpk.com - Untuk menciptakan keluarga sehat,  Desa Lubuk Besar Kecamatan Lima Puluh Kabupaten Batubara Provinsi Sumatera Utara membangun jamban keluarga sebanyak 50 unit.

Menurut Kepala Desa Lubuk Besar Sutiono saat dikonfirmasi di kantornya, Selasa (15/05/2018) pembuatan jamban sehat sebenarnya sudah lama diprogramkan namun karena pembangunan infrastruktur jalan yang sangat mendesak sehingga baru pada tahun 2018 ini terealisasi.
   
Sutiono yang sudah dua periode menjabat sebagai Kepala Desa Lubuk Besar menyebutkan seharusnya dibangun 70 unit jamban sehat namun karena masih banyak program lain sehingga hanya terbangun 50 unit.
 
" Sebenarnya ada 70 kk lagi yang memerlukan jamban sehat tapi tidak dapat terealisasi seluruhnya. diwaktu yang akan datang insya ALLAH dapat kita wujudkan," ucap Sutiono.
   
Desa Lubuk Besar dengan luas 385 ha tersebut  lanjut Sutiono masih membutuhkan banyak anggaran agar dapat menciptakan lingkungan masyarakat yang nyaman, aman dan tenteram.
   
Sebagai daerah dataran  rendah sangat diperlukan  infrastruktur memadai. Pertanian sawah seluas 140 ha masih membutuhkan  air irigasi.  Irigasi tersier dan sumber air diperlukan sekitar 1500 meter dan jalan desa masih membutuhkan penurapan.
 
Desa ini memiliki lahan palawija seluas  45 ha yang merupakan areal tadah hujan. Bila ada air warga  bercocok tanam padi. Namun saat kemarau warga bercocok  tanam cabe, jagung, semangka dan kacang hijau.
   
Sutiono memaparkan dari  5 Dusun dan jumlah penduduk 2672 jiwa dengan jumlah   kk 743, Desa Lubuk Besar masih membutuhkan pembenahan  jalan sepanjang 8 km dan  peningkatan jalan sepanjang 3 km juga drainase kanan kiri jalan sekitar 6 km. dan turap sekitar 2 km.

Sutiono menambahkan apabila Masyarakat Desa masih mempercayakan kepemimpinan kepadanya untuk  6 tahun kedepan seluruh  poin diatas akan dituangkan dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Des) .
   
Prioritas utama di Desa Lubuk Besar sesuai dengan musrenbang Desa diantaranya peningkatan ekonomi Masyarakat serta  pembinanaan dan pemberdayaan masyarakat Desa.
   
Peran serta Masyarakat dalam pembangunan Desa menjadi prioritasnya, tenaga kerja lokal diberdayakan melaksanakan seluruh kegiatan pembangunan sehingga warga mendapat tambahan penghasilan.
   
Guna meningkatkan penghasilan keluarga pihaknya mengaku terus menerus mendorong  peningkatan usaha home industri makanan ringan seperti emping dan keripik ubi. " Kedepan usaha tersebut akan kita jadikan salah satu andalan Desa Lubuk Besar yang dipasarkan baik di Kabupaten Batu Bara dan propinsi Sumatera Utara bahkan telah menjangkau Aceh. (Muhammad Amin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)