HARKITNAS SMPN 1 Rantau Selatan, Ini Pesan Supiani - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


21 May 2018

HARKITNAS SMPN 1 Rantau Selatan, Ini Pesan Supiani


LABUHANBATU, suarakpk.com - Suasana Ramadhan SMP Negeri 1 Rantau Selatan Gelar Upacara Hari Kebangkitan Nasional (HARKITNAS) yang ke-110 tahun 2018,  bertujuan menanamkan rasa Nasionisme ke jiwa peserta didik di Sekolah Menengah Pertama yang terdiri dari siswa kelas 7 dan 8 jumlah 660 orang,  terlihat peserta didik semangat dan antusias dalam mengikuti upacara tersebut di Halaman Sekolah, Senin (21/5/2018).

Kepala Sekolah SMP N 1 Rantau Selatan, Supiani  dalam sambutannya mengatakan “Pembangunan sumber daya manusia memperkuat pondasi kebangkitan Nasional di era digital, dalam Pasal 1 (1) UU Nomor 20/2003 disebutkan, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan (sebagai landasan dan tujuan hidup)”, ujar Supiani.

Pengendalian diri (kecakapan dalam memilih  mengambil keputusan, dan tanggung jawab), kepribadian ( sebagai warga negara, warga global, dan warga yang toleran), kecerdasan (dalam memilih, beretika, cermat, kreatif, inovatif, dan pekerja keras), berakhlak mulia (berperilaku baik dan benar) serta keterampilan (secara kognitif dan psikomotorik diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara)”, tambah Supiani.

“Bagaimanapun kita harus ingat bahwa kemajuan teknologi disadari atau tidak telah menggeser orientasi belajar, dari yang tadinya outside-guided menjadi self-guided. Bukan berarti guru tidak dibutuhkan lagi. Guru tetap harus ada, bukan hanya untuk memberikan pengetahuan, tetapi lebih pada mendampingi dan membimbing siswa agar mampu melakukan kreasi dan eksplorasi sosial budaya yang lebih kaya”, tegasnya.

“Peran guru sekarang tidak lagi hanya mengurusi soal kognitif dan afektif siswa, melainkan  lebih pada bagaimana melibatkan siswa untuk bisa meningkatkan dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kemampuan pemecahan masalah, keterampilan berkomunikasi, pembangunan sumberdaya siswa peran guru memperkuat pondasi kebangkitan bangsa Indonesia, berpikir baik di era Digital”, terang Supiani.

“Untuk itu bagi semua anak-anak didikku, cerdaslah berfikir, inovatif, saling bekerjasama, disiplin, hal ini akan berpengaruh bagi diri kalian sendiri nantinya, bisa mengharumkan nama sekolah kita kita ini, nama orang tua kalian dan nama Kabupaten Labuhanbatu dibawah pimpinan Bupati Labuhanbatu H. Pangonal Harahap, SE. MSi”, tandasnya. (Daulay).

No comments:

Post a Comment