Gladi Posko I Di Kodim 0733 Wujud Pengejawantahan Hubungan Komando dan Staf - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

07 Mei 2018

Gladi Posko I Di Kodim 0733 Wujud Pengejawantahan Hubungan Komando dan Staf



SEMARANG, suarakpk.com - Bagi seorang prajurit, latihan merupakan suatu kesejahteraan yang utama untuk menunjang tugas sehari-hari maupun dalam tugas operasi. Latihan yang bertahap, bertingkat dan berlanjut merupakan cara agar prajurit memiliki kemampuan olah keprajuritan dalam mendukung tugas pokok.

Memasuki Triwulan II pada program kerja tahun 2018, Kodim 0733 BS/Semarang menggelar Gladi Posko I. Latihan yang direncanakan selama tiga hari dari 7-9 Mei 2018 ini dimaksudkan untuk melatih  dan mengejawantahkan hubungan komandan dan staf dalam merencanakan operasi, melaksanakan olah yudha, menyelenggarakan komando pengendalian operasi serta mengimplementasikan prosedur dan tata kerja yang berlaku di suatu pos komando.

Pada latihan yang bertemakan “Kodim 0733 BS/Semarang bersama seluruh komponen bangsa, membantu pemerintah daerah dalam nenanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan di wilayah Kota Semarang dalam rangka OMSP” diikuti oleh Dandim 0733 BS/Smg Kolonel Inf M. Taufiq Zega, Kasdim dan seluruh staf jajaran.

Latihan Gladi Posko I, selain merupakan proses latihan yang bertahap, bertingkat dan berlanjut juga merupakan pelaksanaan program kerja tahunan. Selain itu, latihan ini juga untuk memproyeksikan kemampuan kesatuan dalam memenuhi tuntutan tugas, utamanya dalam mengatasi permasalahan terjadinya bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan.

Dijelaskan Dandim, “Semarang merupakan salah satu wilayah yang rawan terhadap bencana. Latihan ini penting kita lakukan, agar mulai dari komandan hingga staf mampu melakukan tugasnya dengan baik sesuai dengan tugas dan fungsinya.”

Dengan berpedoman pada pengalaman latihan sebelumnya serta berbekal pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliki masing-masing personil, diharapkan pelaksanaan gladi posko mampu memantapkan tugas-tugas yang didapatkan dengan cepat dan tepat sehingga tidak berkembang menjadi kerawanan atau gejolak sosial yang mempengaruhi stabilitas keamanan dan menghambat pembangunan di daerah.

Mengingat pentingnya latihan ini, selain melibatkan anggota Kodim 0733 BS/Smg, juga melibatkan anggota dari Yonif Raider 400/BR, Yon Arhanud 15, Yon Zipur 4, Lanumad A Yani, Lanal Semarang dan unsur kesehatan, perhubungan, peralatan dan Bekangdam. Selain itu, Gladi Posko kali ini juga melibatkan unsur Polri, BPBD, Satpol PP, Dishub, TPA, TPU dan unsur terkait lainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)