Bupati Pangonal : Semangat Kartini Hendaknya menjadi Inspirasi - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


07 May 2018

Bupati Pangonal : Semangat Kartini Hendaknya menjadi Inspirasi


LABUHANBATU, suarakpk.com - Peringatan hari Kartini ke-54 Kabupaten Labuhanbatu tahun 2018 digelar di Aula Asrama Haji Rantauprapat, Bupati Labuhanbatu H.Pangonal Harahap, SE. MSi menyampaikan pesan melalui pidato tertulisna yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Pemerintahan Setdakab Nasrullah, SH. MAP, Senin (7/5/2018).

Dalam pidatonya Bupati Pangonal mengatakan “Tingkatkan kualitas pemberdayaan perempuan dengan semangat Kartini, meskipun sosok kartini telah tiada, tetapi semangat beliau hendaknya menjadi inspirasi dan mendorong kaum perempuan untuk meningkatkan taraf hidupnya melalui pendidikan, khususnya kartini-kartini yang ada di Labuhanbatu”.

Bupati mengatakan, peranan kaum perempuan tidak terlepas dari dukungan keluarga, saat ini di Labuhanbatu persentasi kaum perempuan yang bekerja sekitar 20%, sedangkan profesi yang didominasi seperti PNS, guru, tenaga kesehatan serta pedangang, dengan jumlah yang relatif sama dengan kaum laki-laki.

"hal ini menunjukkan betapa besarnya peran kaum perempuan sebagai seorang istri, dan sebagai seorang ibu harus mampu mendidik dan mengasuh anak-anaknya sehingga melahirkan generasi yang berakhlak mulia, tangguh cerdas dan berkpribadian luhur yang akan menjadikan Labuhanbatu lebih maju dan jaya dimasa yang akan datang," ujarnya.

Beliau berpesan, peringatan hari kartini tahun ini dapat mendorong pemberdayaan perempuan sehingga terciptanya kesetaraan perempuan dan laki-laki di setiap aspek kehidupan baik dalam keluarga, masyarakat, maupun bangsa dan negara untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong.

Disisi lain ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu H.Siti Awal Pangonal Harahap dalam sambutanya manyampaikan, "perempuan adalah tiang Negara, kalimat itu sebagai gambaran betapa perempuan memiliki power yang luar biasa untuk membangun serta memajukan bangsa dan Negara, saya mengajak kaum perempuan terutama di Labuhanbatu untuk meningkatkan kualitas pemberdayaan perempuan,".

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak Hj.Ernida Rambe MM selaku panitia menjelaskan, peringatan hari Kartini bertujuan untuk meningkatkan kiprah perempuan Indonesia dalam berbagai aspek kehidupan berkeluarga, berbangsa, bernegara serta pembangunan nasional berkelanjutan, guna tercapainya kesetaraan gender khususnya di Kabupaten Labuhanbatu.

Acara tersebut diwarnai dengan pembacaan singkat sejarah R.A Kartini oleh ketua Percit Kartika  Chandra Kirana Vera Variany Sonia, persembahan tarian orang-orangan sawah dari SD PPR Rantauprapat, pembacaan puisi dari Forum Anak Labuhanbatu, serta pengumuman pemenang lomba Kartini, pemenang pertama dengan nomor undi 68, pemenang kedua dengan nomor undi 56 dan terkhir pemenang ketiga dengan nomor undi 17. (Red.408).

No comments:

Post a Comment