Usaha Produktif Untuk Masyarakat Miskin - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


13 April 2018

Usaha Produktif Untuk Masyarakat Miskin


BANJARNEGARA, suarakpk.com-Dalam upaya pemberdayaan keluarga miskin serta untuk meningkatkan ekonomi keluarga dan mengentaskan kemiskinan maka Disperindagkop kabupaten Banjarnegara bersama Dinkop UKM Propinsi Jawa Tengah mengadakan "Pelatihan Keterampilan Usaha Produktif Di Daerah Miskin Bidang Boga" dengan berbasis Sumber Daya Lokal (SDL) di desa Karanggondang kecamatan Karangkobar kabupaten Banjarnegara. Yang dillaksanakan selama 4 hari, dari hari Senin hingga Kamis (9-12/3), mulai pukul 8 hingga 4 sore di balai desa Karanggondang kecamatan Karangkobar.
Pelatihan Usaha Produktif  boga dan juga aksesoris tersebut diikuti oleh 25 peserta dari ibu-ibu rumah tangga desa Karanggondang. Dan dihadiri Eko Riyanto dari Dinkop UKM propinsi Jateng, Sri Natalia Ningrum dari Disperindagkop kabupaten Banjarnegara serta dengan  3 Narasumber, yakni Winarti Umiatun dari kecamatan Wanayasa,  Ambarwati dari kabupaten Temanggung serta Nangimah dari UMKM Murnisari yang berdomisili di Tapen kecamatan Wanadadi kabupaten Banjarnegara.

“Pelatihan dengan membuat produk makanan ringan (snack) dengan bahan baku lokal, seperti singkong, pisang, salak yang semuanya akan diolah menjadi berbagai varian produk jajanan. Seperti menjadi brownis salak, naged pisang,  rudal singkong,  pae pisang, dan lainnya. Ada sekitar 10 resep," kata Nangimah dari UKM Murnisari yang seorang janda manis itu menjelaskan.
"Sedangkan untuk pelatihan pembuatan aksesoris yakni pembuatan  sepatu dari benang  rajutan,  tas,  dompet dan bross....
Alhamndulilah, tas yang dibuat selama ini sudah terjual dengan harga sampe 500-an ribu serta sepatu dengan harga 100- 200-an ribu. Dan kami juga menerima pesanan serta siap diundang sebagai Narasumber pelatihan," Nangimah menambahkan.

Pelatihan Usaha Produktif tersebut berakhir dengan penuh kegembiraan karena hasil dari pelatihan dibagikan untuk para peserta  dengan harapan memotivasi untuk hidup lebih baik dengan karya produktif dan
program pelatihan untuk pengentasan kemiskinan dari Dinkop UKM propinsi Jawa Tengah itu dilakukan pada tiap kabupaten dengan bergilir pada tiap kecamatan dan Disperindagkop Banjarnegara untuk giliran berikutnya pada bulan depan akan melaksanakan di kecamatan Sigaluh kabupaten Banjarnegara. (Setiawan).

No comments:

Post a Comment