Sosialisasi Disagregasi PMTB Dan PODES Tahun 2018 Di Kabupaten Bireuen - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

26 April 2018

Sosialisasi Disagregasi PMTB Dan PODES Tahun 2018 Di Kabupaten Bireuen


BIREUN, suarakpk.com - Badan Pusat Statistik secara nasional melaksanakan kegiatan survei penyusunan disagregasi pembentukan modal tetap bruto (PMTB), BPS kabupaten Bireuen menggelar sosialisasi di  Hotel Jarwar , kamis (26/4/2018)


Dalam sambutan  yang dibacakan ,oleh Sekda, Ir. Zulkifli, Sp,  membacakan arahan tertulis Bupati, dalam intinya investasi khususnya yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi, investasi fisik direalisasikan dalam bentuk penambahan kapital fisik atau dikenal sebagai pembentukan modal tetap bruto (PMTB), investasi yang sedang digalakkan pemerintah saat ini diharapkan mampu memberikan yang positif bagi kesejahteraan masyarakat, termasuk di kabupaten Bireuen kita tercinta ini.

Untuk mengetahui sejauh mana peranan investasi dalam meningkatkan kesejateraan masyarakat, diperlukan instrumen khusus sebagai indikator. Pememerintah melalui peraturan Presiden RI nomor 79 tahun 2007 tentang rencana kerja pemerintah (RKP) 2018, menetapkan pengembangan dunia usaha dan pariwisata sebagai prioritas pembangunan nasional ke empat melalui program perbaikan iklim investasi dan penciptaan lapangan kerja, kegiatan prioritas percepatan fasilitas penyelesaian masalah investasi.

Salah satu sasaran kegiatannya adalah tersedianya data PMTB yang telah di-disagregasi berdasarkan institusi (Pemerintah, swasta dan BUMN) dan berdasarkan sektor yang terdiri dari 17 lapangan usaha. Untuk itu pemerintah melalui BPS secara nasional melaksanakan kegiatan survei penyusunan disagregasi PMTB.

Petugas akan mendatangi beberapa perusahaan dan OPD untuk mendapatkan pendataan mengenai barang modal yang dimiliki, baik penambahan maupun pengurangan yang terjadi di tahun 2016 dan 2017, dari survei tersebut akan didapatkan beberapa indikator investasi yang akan dikelompokkan menurut institusi dan lapangan usaha.

“Peserta berjumlah 70 orang, terdiri dari unsur Kepala Dinas terkait, Para Camat, Setdakab, Bappeda, Pimpinan Perusahaan, Pimpinan Rumah Sakit, Pimpinan Perguruaan Tinggi dan Organik BPS Bireuen,” Ujar Fakhriadi. (Is)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)