Penghijauan Kembali di Embung Desa Purworejo Oleh Dinas Pertanian - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


14 April 2018

Penghijauan Kembali di Embung Desa Purworejo Oleh Dinas Pertanian


BLORA, suarakpk.com - Adanya Embung di Desa Purworejo, Kecamatan Blora Kota, seolah terus mendapatkan perhatian dari Pemkab Blora sebagai rintisan tempat wisata. Setelah beberapa pekan lalu ditebari ribuan benih ikan oleh Dinas Peternakan dan Perikanan. Kini giliran Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan yang melakukan penghijauan dengan menanam pohon buah-buahan unggulan.

Penanaman bibit pohon buah-buahan unggulan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan itu dihadiri langsung oleh Bupati Blora, Djoko Nugroho beserta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait lainnya Jumat (13/04/2018).

Pohon yang ditanam di kawasan Embung Plered diantaranya adalah Kelengkeng Kateki, Alpukat Kendil, Jambu Kristal, dan Jeruk Pamelo. Tidak hanya ditanaman di sekitar embung, bibit buah unggulan ini juga dibagikan kepada warga desa setempat agar bisa ditanam di lahan pekarangan.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Ir. Reni Miharti M.Agr.Bus menyampaikan bahwa jumlah bibit pohon buah-buahan yang ditanam dan dibagikan kepada masyarakat total ada 175 batang pohon.

“Jeruk pamelo 25 batang pohon, Kelengkeng Kateki sebanyak 50 batang pohon, lalu Alpukat Kendil sebanyak 50 batang pohon dan Jambu Kristal sebanyak 50 batang pohon. Semuanya ditanam dan dibagikan kepada masyarakat sekitar Embung Plered yang tergabung dalam kelompok tani,” ucap Ir. Reni Miharti M.Agr.Bus.

Selain membagikan dan menanam bibit pohon buah-buahan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan juga menyerahkan bantuan berupa sarana produksi pertanian (saprotan) dan alat mesin pertanian (alsintan) untuk menunjang peningkatan produktifitas pertanian di desa Purworejo.

Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Bupati Djoko Nugroho berupa cultivator 1 unit, mulsa plastik hitam 30 rol, plastik UV 1 rol, power sprayer 3 unit dan pompa air 2 unit.

“Saya ingin desa Purworejo kesejahteraannya meningkat. Tolong saya dibantu dengan cara merawat tanaman buah yang sudah ditanam dengan baik. Ikan yang sudah ditebar juga jangan dijaring atau diracun, biar besar dulu nanti baru boleh dipancing. Kalau embung ini nanti bisa berkembang baik dengan perikanan dan buah-buahan, maka kedepan bisa menjadi tujuan wisata. Akhirnya perekonomian desa akan meningkat,” jelas Bupati Djoko Nugroho di hadapan seluruh warga desa Purworejo yang mengikuti penanaman pohon buah-buahan.

Agar akses menuju Embung Plered semakin lancar, ia pun menjanjikan tahun depan Dinas Pekerjaan Umum dan penataan ruang akan memperbaiki ruas jalan dari desa Andongrejo menuju Purworejo hingga embung Plered.

“Saya ingin keberadaan embung yang dibangun Tahun 2017 ini tidak hanya dimanfaatkan untuk irigasi pertanian, Namun juga untuk perikanan, perkebunan dan wisata. Saya yakin nanti kalau sudah tertata, akan ada warung-warung didirikan, dan disinilah akan tumbuh ekonomi desa,” pungkas Djoko Nugroho.

Kepala desa Purworejo, Harun mengucapkan terimakasih kepada Bupati Blora dan seluruh OPD yang sudah memberikan perhatian yang begitu besar untuk memajukan desanya. Ia berjanji akan mengelola embung dengan baik.

Hadir dalam kesempatan itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Ir. Samgautama Karnajaya, MT, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar), Drs. Kunto Aji; serta Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Blora, Hariyanto, SIP, M.Si.

Sementara dari salah satu warga Puji berharap kelak di desa kami menjadikan simpati warga desa lain untuk datang berlibur diembung yang ditanami buah buahan.
(Bambang/blora)

No comments:

Post a Comment