Kurang Dari 30 Menit Hujan Deras Turun, Daerah Kaendea Dilanda Banjir - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


07 April 2018

Kurang Dari 30 Menit Hujan Deras Turun, Daerah Kaendea Dilanda Banjir


MUNA, suarakpk.com- Hujan deras yang mengguyur kota Raha, Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali mengakibatkan banjir. Kali ini banjir terjadi di daerah Kaendea, Kelurahan Raha II, Kecamatan Katobu, pada Sabtu siang, sekitar pukul 13.00 Wita (7/4/18). Ketinggian air hujan mencapai sekitar 1 meter dan merendam rumah dan beberapa kendaraan milik warga.


Salah seorang Staf Kelurahan Raha II, Kecamatan Katobu, Amin Farintah mengatakan padahalnya hanya kurang lebih dari 30 menit hujan turun tapi banjir sudah merendam pemukiman warga.

"Tiba-tiba langsung banjir padahal hujan yang turun tadi itu kurang lebih sekitar 30 menit, itu diakibatkan karena hutan Uda mulai gundul dan meluapnya kali kaendea ini", katanya, Sabtu (7/4/18).

Katanya, salah satu yang menjadi penyebab terjadinya banjir dikarenakan buruknya saluran dreinase yang ada di daerah tersebut.

"Tersumbatnya dreinasi yang berada di jalan sokawati sehingga air itu dia tidak bisa menampung semuanya akhirnya kembali kesini", ungkapnya.

Amin Farintah berharap kepada Pemerintah daerah (Pemda) Muna untuk segera menyikapi hal ini dan memperbaiki dreinase yang ada di kaendea. Karena menurutnya kalau masalah ini disepelekan, takutnya datang lagi hujan yang jauh lebih lama dan deras maka akan berpotensi menimbulkan korban jiwa.

Menanggapi hal ini, Pemda Muna melalui Kabag Humasnya, Amiruddin Ako menjelaskan tahun ini pemerintah sudah menganggarkan dana yang diambil dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2018 untuk perbaikan dreinase.

"Sudah dilakukan evaluasi di beberapa titik rawan banjir, kira-kira bulan juni juli sudah berjalan," tandasnya. (Randy)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad