Dinas Perpustakaan Kota Salatiga, Adakan Workshop Sistem Jaringan Perpustakaan - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


11 April 2018

Dinas Perpustakaan Kota Salatiga, Adakan Workshop Sistem Jaringan Perpustakaan


SALATIGA, suarakpk.com - Untuk terus mensosialisasikan dan mengembangkan jaringan perpustakaan perlu disusunlah sebuah agenda yanf terencana dan tertunjang oleh pendorong SDM yang mencukupi sehingga tercipta manfaat sistem jaringan perpustakaan. Dengan maksud tersebuta Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Salatiga, hari ini, Rabu (11/4) mengadakan kegiatan workshop sistem jaringan perpustakaan yang diikuti oleh para pustakawan SD dan SMP se Kota Salatiga di ruang Broadband Learning Center (BLC) Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Salatiga, yang terletak di Jalan LMU Adisucipto No.7 Kota Salatiga.
Workshop Sistem Jaringan Perpustakan menghadirkan narasumber Pustakawan, UPT Perpustakaan, Universitas Diponegoro Semarang, Suwondo.
Menurut Suwono dalam mengelola jaringan perpustakaan diperlukan adanya hubungan antar perpustakaan, peraturan dan persetujuan, komunikasi dan pengiriman, organisasi formal, tujuan yang sama dan ditunjang dengan tehnologi informasi.
"Manfaat Jaringan Perpustakaan diantaranya dapat menyediakan akses yang cepat dan mudah meskipun melalui Jarak Jauh." kata Suwondo.
Selain itu menurutnya dengan Jaringan Perpustakaan akan mampu menyediakan akses pada informasi yang terbatas dari berbagai jenis sumber.
"kita berharap mampu menyediakan informasi yang lebih mutakhir yang dapat digunakan secara fleksible bagi pemakai sesuai kebutuhannya dan memudahkan formal ulang serta kombinasi data dari berbagai sumber." jelasnya.
Ditambahkannya, Sistem Jaringan Perpustakaan memiliki manfaat melalui bidang teknologi informasi.
"melalui jaringan perpustakaan ini akan membawa manfaat karena akan terbentuk katalog bersama atau induk, tercipta manajemen koleksi atau duplikasi terhindar, manajemen preservasi, bisa saling berbagi sumber daya, terwujud layanan referans dan referral, serta terpenting adalah mampu mendorong pada pengembangan pada staf." tuturnya.
Pantauan di lokasi, Workshop Sistem Jaringan Perpustakaan dibuka oleh Kepala Bidang Pengembangan Dan Pembinaan Perpustakaan Dan Kearsipan Dinas Perpustakan dan Kearsipan Kota Salatiga, Suryanto,SH.
Dalam pembukaan workshop, suryanto mengajak para pustakawan sekolah untuk bersama belajar dan diharapkan mampu mengembangkan diri di perpustakaan sekolah yang bersinergi dengan Dinas perpustakaan Kota Salatiga.
"melalui Workshop ini, kita berharap para pustakawan sekolah mampu mengembangkan diri dan membuat ekosistem UCS yang berkelanjutan dalam wadah jejaring perpustakaan yang memuat kearifan lokal dan nasional dalam pelayanan masyarakat kota salatiga." pungkas Suryanto.
Hingga berita ini di turunkan, kegiatan Workshop masih berlangsung. (001/red)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad