Bupati Raja Ampat Membuka Musrenbang RKPD 2019 - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


19 April 2018

Bupati Raja Ampat Membuka Musrenbang RKPD 2019


RAJA AMPAT, suarakpk.com - Bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati, SE membuka secara resmi Musrenbang RKPD Tahun 2019, di Auditorium Bupati dengan di tandai pemukulan Tifa Kamis, (19/04/2018).

Bupati AFU menegaskan forum Musrenbang yang dilaksanakan saat ini  merupakan salah satu tahapan dalam proses perencanaan pembangunan sebagaimana yang diamanatkan oleh undang-undang nomor 25 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembanguan nasional. "Proses penyelenggaraan pembangunan dilaksanakan secara bersama-sama antara pemerintah dan seluruh komponen masyarakat sehingga  mampu menyusun rencana pembangunan yang sistematis, terarah, terpadu dan berkelanjutan dengan mempertimbangkan keunggulan komparatif wilayah dan kemampuan sumberdaya keuangan daerah," kata Abdul Faris.

Dalam kesempatan itu, Bupati AFU juga menitipkan pesan-pesan penting untuk pimpinan OPD."Saya titip kepada semua pimpinan OPD bahwa musrenbang itu dapat dilakukan tetapi harus juga menjadi perhatian dan konsentrasi kita pada indikator. Kita harus punya indikator sehingga Musrenbang ini berhasil," tandasnya.

Menurut AFU di dalam penyusunan suatu kegiatan harus jelas indikator kinerjanya baik indikator keluaran maupun indikator hasil yang akan dicapai. "Hal ini perlu di perhatikan sehingga dapat  dilakukan pengukuran kinerja terhadap setiap kegiatan dalam rangka menilai tingkat keberhasilan suatu OPD dalam proses mewujudkan visi dan misi kabupaten Raja Ampat.
Selain itu, perencanaan disusun dengan memperhatikan kemampuan dan sumber daya yang tersedia, memperhatikan sinergisitas baik didalam OPD itu sendiri maupun antar OPD," lanjut  AFU.

Bupati AFU berharap seluruh pimpinan OPD dapat menetapkan skala prioritas untuk percepatan pembangunan Raja Ampat.
Hal yang menjadi referensi atau acuan dalam musrenbang OPD adalah bagaimana  tingkat pengangguran, tingkat kemiskinan, tingkat kesejahteraan, IPM. Ini yang harus masuk dalam skala prioritas OPD. Sementara itu, guna meningkatkan transparansi, Pemda Raja Ampat akan menerapkan e-Government.
(DM)

No comments:

Post a Comment