Ada Apa Danny Missy Dituding Tukang "Tipu" - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


30 April 2018

Ada Apa Danny Missy Dituding Tukang "Tipu"


HALBAR, suarakpk.com - Danny Missy, disebut tukang "tipu" oleh sejumlah masaa aksi dan para  orator aksi unjuk rasa yang dilakukan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Halbar bersama Himpunan Mahasiswa Islam Indonesia (HMI), GMNI saat menggelar aksi disejumlah titik di pusat Kota Jailolo Senin, (30/4).

Aksi yang diawali pada pusat perbelanjaan tepatnya 100 meter dari lapangan Festifal Teluk Jailolo (FTJ) tersebut, dilanjutkan di depan Kejaksaan Negeri Halbar serta didepan kantor DPRD itu, kemudian berakhir didepan kantor Bupati Halbar berkisar pukul 15.30 WIT.

Beny Rumawang salah seorang orator misalnya? Dalam orasinya menyebut Danny Missy terbukti menipu masyarakat dengan mengubar sejumlah janji politik saat kampanye mapun saat menjabat sebagai Bupati yang tidak ada satupun yang dibuktikan hingga masa kepemimpinan berusia tiga tahun.

"Saat ditanya masalah kepergian ke luar negeri beralasan pergi menggunakan uang pribadi. Kok secara diam-diam meminta DPRD menggeser APBD 2018 mendahului perubahan untuk ganti perjalanan dinas ke luar negeri. Ini merupakan salah satu tipuan dari sejumlah tipuan lain yang diperankan oleh bupati Danny Missy." teriak Beny kesal.

Massa aksi membongkar 15 item janji Bupati Halbar pada saat kampanye lalu, diantaranya yang tidak teralisasi yakni Bandara Kuripasai yang dijanjikanakan dioperasi tahun 2016 kini tidak pernah dilakukan. Diperparah dari rencana operasi Bandara kuripasi itu terselip masalah dugaan kasus korupsi Rp 1,5 miliar dari ketidak jelasan pelaksanaan survei kelayakan bandara.

"Kasus Rp 1,5 Miliar kini ditangani Polres Halbar dari rencana operaai bandara kuripasai itu." ucapnya.

Selain itu kata Beny, bupati berjanji Bakal miliki GOR. Berjanji tahun 2016 asalah enam desa akan tuntas. Berjanji menaikan ADD dua kali lipat, mengembangkan perikanan Tuada. Berjanji bangun pasantren di Sidangoli 2016. MoU bersama Inveator Swedia untuk pembangkit Liatrik tenaga Surya di Loloda. Berjanji mengembangkan sayur kol 15.000 ton dan penyedian pasar sayur kol. Beranji melalui MoU sekolah luar Negeri dengan Rusia untuk masyarakat tidak mampu yang berprestasi, semunya bohong.

Lanjut dia, bupati juga berjanji datangkan sapi 10 ribu ekor untuk masyarakat. Berjanji penyedian pasar untuk program jagung 20 ribu HA. Bupati janji bangun galangan kapal di desa Braha Sisangoli. Berjanji tidak akan mengambil gaji saat menjadi Bupati. Nerjanji memberi kewenangan untuk wakil mengurus pemerintahan saat kampanye,semunya menipu masyarakat.

Danny disebut tidak sendiri menipu, tapi berkonspirasi dengan DPRD dalam pergeseran APBD induk 2018 itu untuk ganti perjalanan dinas keluar negeri. Padahal DPRD seharusnya tidak menyetujui pergeseran APBD 2018 ganti uang Perjalanan dinas keluar negeri karen keberangkatan keluar negeri sangat muatahil diaetujui mendagri karena saat keberangkatan APBD Halbar tidak menganggarkan perjalanan dinas keluar negeri.

Bupati Danny bersama DPRD bahkan menipu masyarakat dengan menggeser anggaran APBD 2018 untuk pembayaran utang 41 meliar. Padahal, utang itu bisa dibuktikan dalam kajian APBD terindikasi fiktif karena proyek pihak ketiga yang disedor oleh Pemda ke DPRD tidak memunuhi unsur kebenaran utang.

Diperparah, masalah pinjaman 150 miliar atau yang belakangan disebut besaran pinjaman Rp 159,5 miliar itu, diduga kuat kedua lembaga pemerintah bersekongkol menyetujui karena adanya dugaan sogok dalam pembahasan. Dengan itu, masalah pinjaman yang diploting dalam APBD 2018 sedangkan pihak Bank BPD Maluku mencairkan untuk penggunaan dana pinjaman tersebut di bulan Oktober tahun 2017.

Aksi yang digelar dengan orator berkisar 10 orang tersebut, saat bermula berorasi di pusat perbelanjaan kota Jailolo atau dekat lapangan FTJ nyaris bentrok dengan kelompok organisasi Pemuda Pancasila Kabupaten Halbar, yang belum diketahui maksud beradu mulut dengan massa aksi yang menyampaikan orasi teraebut. Beruntuk kejadian itu tidak melahirkan perkelahian karena pihak kepolisian dan anggota Satpol PP melerai pertikaian dimaksud.(RD).

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad