Supervisi TP PKK, Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat Desa Sei Pegantungan - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


13 March 2018

Supervisi TP PKK, Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat Desa Sei Pegantungan


LABUHANBATU, suarakpk.com - Upaya menciptakan Lingkungan yang Bersih dan Sehat (LBS) harus dilakukan secara berkesinambungan dan tidak hanya bersifat insidental ketika saat mengikuti ajang perlombaan semata. Kondisi lingkungan bersih dan sehat harus dijaga secara  berkelanjutan dengan memulainya dari diri sendiri, khususnya dalam lingkungan keluarga sehingga lingkungan yang bersih, sehat dan nyaman dapat terwujud.

Demikian disampaikan KetuaTim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu Ny. Hj. Siti Awal Pangonal Harahap dalam kunjungan Supervisi lomba Lingkungan Bersih dan Sehat di Kantor Kepala Desa Sei Pegantungan, Senin (15/3/2018)

Selain itu, kata Hj. Siti Awal Pangonal Harahap, Konsep Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) ini juga selaras dengan Program rutin Bupati Labuhanbatu, yakni Jum'at Bersih, Sabtu Hijau dan Minggu Sehat yang harus terus digelorakan di seluruh pelosok Desa/Kelurahan Kabupaten Labuhanbatu.

"Dengan lingkungan yang bersih dan sehat tentunya kualitas hidup kita pun akan lebih baik, saya merasa bangga atas usaha ibu-ibu Tim Penggerak PKK di Desa Sei Pegantungan walaupun kepala desa nya baru tetapi tetap semangat dan mau berusaha untuk belajar memperbaiki  kepengurusan PKK ini , seperti yang kita tahu kebersihan adalah sebaian dari iman" ujarnya.

Tambahnya "tidak mudah untuk mengajak masyarakat agar merubah prilaku hidup sehat. LBS adalah suatu prilaku atau upaya untuk bisa merubah lingkungan menjadi sehat, sasaran yang pertama yaitu anggota rumah tangga di dalam keluarga supaya mengetahui dan mau untuk mengubah kebiasaan menjadikan lingkimungan bersih dan sehat".

Dalam kesempatanya Kepala Bidang Persampahan Dinas Lingkungan Hidup Dorlando Pakpahan mengatakan lingkungan bersih dan sehat  adalah yang bebas dari sampah , Bapak Bupati Lbuhanbatu juga sangat konsen untuk melestarikan lingkungan seperti Peraturan Bupati Nomor 4 Tahun 2017 tentang Jum'at Bersih, Sabtu Hijau dan Minggu Sehat.

"lingkungan bersih dan sehat adalah yang bebas dari sampah seperti kita ketahui bersama sampah sudah menjadi permasalah yang internasional , dan juga menjadi permasalahan di Kecamatan Panai Hilir Sei Berombang , membuang sampah di laut sangat tidak di benarkan karna dapat membunuh habitat makhluk hidup yang ada di laut, saat ini kami bekerjasama melalui kepala lingkungan/kepala dusun untuk mensosialisasikan lingkungan bersih dan sehat" jelasnya.

Disisi lain Kepala Desa Sei Penggantungan menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya atas kedatangan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu atas kunjungan nya dalam Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat di Desa Sei Panggantungan

"selamat datang kepada Ketua TP. PKK Kabupaten Labuhanbatu atas kunjungan nya , saya selaku Kepala Desa Sei Penggantungan berharap semoga dengan kedatangan tim Suversvisi dari Kabupaten dapat menambah pengetahuan PKK Desa Sei Penggantungan dan dapat menambah pengetahuan bagi kader-kader PKK yang ada di desa kami.

Disamping itu Ketua Tim Penggerak PKK Desa Sei Penggantungan dalam laporanya menyampaikan lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam, serta flora dan fauna yang tumbuh di darat maupun di laut, upaya untuk menciptakan kondisi bersih dan sehat di dalam rumah dan lingkungan sekitar rumah, kesehatan lingkungan hakekatnya suatu kondisi atau keadaan lingkungan yang optimum sehingga berpengaruh positif terhadap terwujudnya suatu keadaan yang optimal.

"Adapun upaya dasar yang di lakukan yaitu penyehatan sumber air bersih , penyehatan lingkungan pemukiman, penyehatan tempat-tempat umum, penyehatan tempat pengelolaan makanan, pemantauan jentik nyamuk dan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk), dan konsultasi kesling klinik sanitasi". (Red.408).

No comments:

Post a Comment