Strategi Usaha Kecil Agar Dilirik Pegawai Pemkab - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


26 March 2018

Strategi Usaha Kecil Agar Dilirik Pegawai Pemkab


KEBUMEN, suarakpk.com - Dalam upaya untuk lebih mengenalkan produk-produk UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dilingkungan Pemkab Kebumen pada kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) atau dulu lebih dikenal dengan sebutan PNS (Pegawai Negeri Sipil) maka
Pusat Pelayanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM kabupaten Kebumen menyelenggarakan Bazar UMKM di pelataran yang cukup luas dihalaman kantor Bap3eda Kebumen, Jumat(23/3).

Kegiatan yg bertema “Bazar Bela Beli Produk Kebumen“ itu diikuti 90 UMKM
yang dibuka Wakil Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz dengan didampingi para pimpinan OPD.

Menurut Agus yang konsultan PLUT bahwa  kegiatan bazar tersebut merupakan tindak-lanjut dari adanya kebijakan dari Pemkab Kebumen yang mengimbau kepada para ASN atau PNS untuk membeli produk-produk lokal.
"Dengan adanya bazar UMKM dilingkungan Pemkab maka diharapkan  para ASN (PNS) dijajaran Pemkab Kebumen, jadi tau dengan produk-produk lokal dan nantinya bisa rutin membeli. Sehingga dapat membantu usaha masyarakat kecil dan menengah," kata Agus yang berdomisili di Sutratrunan tersebut.

Pusat Pelayanan Usaha Terpadu (PLUT) di Jawa Tengah ada 4 kabupaten. Yakni di Surakarta, Kebumen, Banyumas dan Cilacap.
Kiprah  PLUT KUMKM Kebumen dalam membantu para pelaku UMKM telah banyak sepert rutin mengadakan pelatihan-pelatihan, konsultasi bisnis, pameran-pameran, bazar, membantu proses perijinan, pemodalan dan lain-lain. Dengan pola memfasilitasi dengan pihak-pihak terkait. Termasuk memperkenalkan dengan retail-retail besar. Seperti pada tahun 2016, telah berhasil memasukkan produk UMKM berupa cendol dan lanting ke Indomaret.

Acara "Bazar Bela Beli Produk Kebumen“ diikuti oleh UPK, komunitas haritage, asosiasi, klub, paguyuban dan semua kelompok binaan PLUT.
Dengan berbagai produk-produk UMKM dipamerkan mulai dari minuman, makanan hingga kerajinan.
Walau dilaksanakan dalam sehari namun telah menghasilkan transaksi jutaan.
"Semoga cara ini (bazar) dapat dilirik ASN sehingga nantinya tercipta hubungan sinergis yang saling membutuhkan dan melengkapi antara produsen dan konsumen lokal khususnya para pegawai Pemkab di Kebumen yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat," pungkas Agus. (Setiawan).

No comments:

Post a Comment