Sarasehan Kepustakawanan Kota Salatiga Untuk Implementasi UU No.43 Tahun 2017 - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


27 March 2018

Sarasehan Kepustakawanan Kota Salatiga Untuk Implementasi UU No.43 Tahun 2017




SALATIGA, suarakpk.com – Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Kota Salatiga adakan sarasehan bersama para pustakawan sekolah se Kota Salatiga dengan mengangkat tema Rethingking Kesejateraan Dan Karier Tenaga Perpustakaan Dalam Sebuah Kajian Dan Implementasi UU No.43 Tahun 2017.
Sarasehan yang dibuka oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Salatiga, Slamet Setyo Budi, SE.,M.Acc didampingi oleh Kepala Bidang Pembinaan Perpustakaan dan Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Salatiga, Suryanto,SH.
Dalam sambutannya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Salatiga, Slamet Setyo Budi, SE.,M.Acc mengatakatan pentingnya peran lembaga perpustakaan pasalnya perpustakaan sudah menjadi tempat rujukan untuk mencari ilmu dan referensi dalam penelitian.
“Perpustakaan sekarang menjadi penting karena merupakan tempat mencari ilmu dan referansi dalam penelitian.” kata Slamet Setyo Budi dalam sambutannya dan sekaligus membuka Sarasehan Kepustakawanan pagi ini, Selasa (27/3) di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Salatiga, Jalan LMU Adi Sucipto No.7 Salatiga.
Menurut Slamet Setyo Budi, jika Kota Salatiga sejak bulan Mei 2016 telah dicanangkan sebagai Kota Literasi.
“bahwa sejak senin (2/5/2016), Pemkot Salatiga secara resmi mencanangkan diri sebagai kota literasi, pencanangan itu, secara simbolis pun ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemkot Salatiga yang diwakilkan Wali Kota Salatiga Yuliyanto dan DPRD Kota Salatiga melalui Ketua DPRD Kota Salatiga Teddy Sulistio.” tutur Slamet Setyo Budi.
Lebih lanjut, Slamet Setyo Budi mengungkapkan bila di Kota Salatiga masih membutuhkan tenaga kepustakawanan untuk bisa mengelola perpustakaan di sekolah.
“dibutuhkan tenaga kepustakawan untuk mengelola perpustakaan” ungkap Slamet Setyo Budi.
Selain itu, ditambahkan Slamet Setyo Budi, di dinas pendidikan ada bos yang diperuntukkan SD dan SMP.
“harapan kami, dana BOS tersebut yang 5% bisa untuk biaya operasional tenaga perpustakaan sekolah, dan para pengelola bisa gunakan sarana prasarana perpus sekolah” harapnya.
Pantauan di lokasi pagi ini, sarasehan Kepustakawanan juga menghadirkan Ketua IPI Kota Salatiga, Imanudin dan Narasumber dari Dinas Pendidikan Kota Salatiga, Nurudin serta dihadiri oleh Puluhan Pustakawan Sekolah SD dan SM se Kota Salatiga.
Sementara dalam pembukaan sarasehan kepustakawanan juga dihibur dari komunitas pojok buku kota salatiga dibawah kepemimpinan Muhsin, dengan penampilan musik akuistik. 
Hingga berita ini di turunkan, kegiatan Sarasehan Kepustakawanan Kota Salatiga masih berlangsung dan direncanakan selesai sekitar pukul 12.00 wib. (001/red)

No comments:

Post a Comment