Persiapan Ya, Pemilihan Kepala Desa Definitif di Beberapa Desa Se Kab.Nias Selatan Segera Dilaksanakan - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


08 March 2018

Persiapan Ya, Pemilihan Kepala Desa Definitif di Beberapa Desa Se Kab.Nias Selatan Segera Dilaksanakan

.

NIAS SELATAN, suarakpk.com - Kerinduan Masyarakat Nias Selatan ingin mempunyai Kepala Desa Definitif akan terobati, Informasi Pemerintah Kabupaten Nias Selatan akan melaksanakan pemilihan Kepala Desa di beberapa Desa di Nias Selatan, Masyarakat Nias Selatan menyambut baik rencana Pemkab Nias Selatan tersebut, Kamis (8/3/2018).


Selama ini hampir seluruh Desa di Nias Selatan dipimpin oleh Pegawai Negeri Sipil merangkap Kepala Desa. Ada Pegawai Negeri sipil bidang  Kesehatan jadi Kepala Desa, juga dari tenaga Pengajar/Guru ada juga yang mendapat kesempatan memimpin Desa. Masyarakat sudah tidak sabar menunggu kapan dilaksanakan pemilihan Kepala Desa definitive.


Saat awak Media ini mendatangi Ketua DPRD Nias Selatan Sidi adil Harita, mengatakan “Nias Selatan dalam waktu dekat ini akan melaksanakan pemilihan Kepala Desa definitive”, ujar Sidi.


Ketua DPRD Nias Selatan juga menambahkan “tetapi tidàk semua Desa di Nias Selatan melaksanakan pemilihan karena keterbatasan anggaran, Pemerintah Kabupaten Nias Selatan merencanakan akan melaksanakan pemilihan Kepala Desa ditahun 2018 ini dengan anggaran Rp 7 M. Sementara 180 Desa dulu yang akan di laksanakan pemilihàn tahun berikutnya Desa lain”, tambahnya.


“Daerah yang akan melaksanakan pemilihan Kepala Desa Definitif, terutama di daerah Kepulauan Tello dan sekitarnya. Ada juga beberapa Desa yang dekat kota kabupaten Nias Selatan belum dipastikan Desa mana yang duluan sembari menunggu turun anggaran dari pusat dan keputusan dari Kepala Daerah/Bupati Nias Selatan Dr.Hilarius Duha SH,MH”, ujar Sidi.


“Rencana Pemerintah Nias Selatan melaksanakan pemilihan kepala Desa definitif di tahun 2018 ini, belum pasti bulan berapa akan di laksanakan karena masih banyak hal lagi yang masih di persiapkan untuk terlaksananya pemilihan agar program untuk kepentingan rakyat Nias Selatan berjalan sesuai aturan”, kata Ketua DPRD Sidi Adil Harita.


Masyarakat hanya menerima aturan Pemerintah Kabupaten Nias Selatan, walaupun sudah banyak masyarakat mempertanyakan kepastian agar masing-masing desa mempunyai Kepala Desa definitif. Banyak Pj Kepala Desa dari Pegawai Negeri Sipil, tidak berdomisili di desa yang dipimpin, di duga banyak program desa yang tidak terlaksana karena kesibukan pj Kepala Desa, karena rangkap tugas.


Masyarakat Nias Selatan masih banyak pengangguran/tidak mempunyai kegiatan, banyak yang layak jadi kepala Desa tetapi Pegawai Negeri Sipil diperintahkan merangkap Kepala Desa, harapannya Kepada Pemerintah Kabupaten Nias Selatan agar mempercepat pemilihan Kepala Desa definitive agar angka pengangguran berkurang di Nias Selatan.(Abdul)

No comments:

Post a Comment