Pemprov Malut Gelar Rakor Bersama Gubernur Dan Bupati Walikota - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


22 March 2018

Pemprov Malut Gelar Rakor Bersama Gubernur Dan Bupati Walikota


TERNATE, suarakpk.com - Pemerintah Propinsi Maluku Utara malam ini, Kamis (22/3) telah melaksanakan rapat koordinasi (RAKOR) antara Gubernur dan Bupati Walikota, pelaksana tugas gubernur Malut M. Natsir Thaib pada saat memberikan sambutan mengatakan, "Informasi kemarin tanggal 20 Maret 2018 pada rapat bersama bapak mendagri dengan DPR-RI membahas masalah kependudukan terkait Pilkada, semoga malam ini kita mendapatkan banyak informasi dari perkembangan masalah kependudukan oleh bersama Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Zudan Arif Fakrulloh,"kata Plt gubernur.

"Dimana saat ini kita ketahui bersama bahwa Provinsi Maluku Utara juga termasuk yang melaksanakan pemilihan kepala daerah di tahun 2018. Pada saat ini data jumlah penduduk Maluku Utara sebanyak 1.293.055 jiwa dengan jumlah wajib KTP 876.698 jiwa dan yang sudah melakukan perekaman 720.057 atau kurang lebih 82% sedangkan yang belum perekaman atau belum memiliki Nomor Induk Kependudukan sebanyak 156.641 jiwa atau kurang lebih 18 %," pungkasnya.

"Oleh sebab itu, saya merasa sangat pentingt dan sangat mendesak untuk dilaksanakannya rapat koordinasi saat ini, bagi kita semua di pemerintah provinsi dan kabupaten/kota. Pada rapat ini juga saya mengingatkan kita semua bahwa bukan hanya persoalan data kependudukan dalam menghadapi pilkada 2018 saja, tetapi juga persiapan menghadapi pilpres dan pileg 2019 yang juga harus tertib,"ungkapnya.

"Sukses secara administrasi kependudukan pada kesempatan ini dapat saya sampaikan bahwa dari sepuluh kabupaten/kota dengan jumlah perekaman tertinggi yakni Kabupaten Halmahera Timur dengan jumlah wajib KTP sebanyak 60.446 jiwa dan yang sudah melakukan perekaman sebanyak 60.177 jiwa atau sebesar 99%. Saya memberikan apresiasi atas upaya dan kerja Pemerintah Daerah Halmahera Timur terhadap perekaman E-KTP diwilayahnya, Ini bisa menjadi contoh dan solusi dari Kabupaten Halmahera Timur karena kendala dan problem yang sama juga dengan daerah lain, nanti kita sharing langkah strategis untuk menuntaskan perekaman EKTP di Kabupaten Kota lainnya."ujarnya.(rd).

No comments:

Post a Comment