Mubar Menginisiasi Pengembangan Pilot Project Kawasan Perdesaan Mandiri Infrastruktur - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


04 March 2018

Mubar Menginisiasi Pengembangan Pilot Project Kawasan Perdesaan Mandiri Infrastruktur


MUNA BARAT, suarakpk.com - Ditangan kepemimpinan Bupati LM Rajiun Tumada, Pemerintah Daerah Kabupaten Muna Barat terus berinovasi dalam pengambilan kebijakan terkait infrastruktur khususnya di Bidang Sumber Daya Air. 

Kabid Sumber Daya Air pada PU Mubar, Surachman menfatakan kondisi Muna Barat yang secara geografis merupakan daerah agraris dan dilintasi oleh beberapa Daerah Aliran Sungai menyebabkan daerah ini memiliki potensi pengairan yang cukup potensial dalam rangka mendukung Muna Barat sebagai salah satu sentra produksi sektor pertanian khususnya persawahan. 

Namun disadari selama ini yang menjadi kekurangan bagi daerah daerah produktif di Muna Barat adalah kurangnya manajemen dalam pengelolaan potensi pengairan yang ada. "Oleh karena itu perlu digagas adanya kawasan perdesaan yang merupakan gabungan beberapa desa yang memiliki potensi pengairan yang sama untuk melakukan pengaturan terhadap potensi pengairan pada masing masing wilayahnya,"jelasnya.


Kata dia, ada beberapa desa yang saat ini memilli kelayakan secara teknis untuk mengembangkan diri sebagai kawasan perdesaan mandiri infrastruktur yaitu Desa Abadi Jaya,  Desa Parura Jaya,  Desa Kasimpa Jaya,  Desa Wanseriwu dan Desa Lawada serta Desa Wulanga. 

"Pada desa desa tersebut kita lagi menginisiasi kelayakan teknis dibangunnya Embung Desa dengan model padat karya sehingga masyarakat dapat terlibat secara langsung dalam merencanakan dan membangun infrastruktur pada kawasan perdesaaan,"tuturnya.

Model pengembangan ini, dia bilang sejalan dengan apa yang dilaksanakan oleh Kementerian Daerah Tertinggal dan Kawasan Perdesaan. Pada akhirnya program ini akan sinergi dengan rencana pengembangan kawasan perdesaan yang diinisiasi oleh Bappeda Kabaputarn Muna Barat. "Hanya Dinas PU dan Penataan Ruang akan concern pada sisi pengembangan infrastructure khususnya pembangunan embung desa,  rehabilitasi jaringan irigasi dan pembangunan irigasi tersier,"ungkapnya.

Hal ini ditambahkan, pihaknya akan tindaklanjuti pada Direkrorat Perencaaan Kawasan Perdesaaan Kemen PDT dan Desa.  "Kita akan mengupayakan  sehingga pusat dapat terlibat dalam mengintervensi mewujudkan kawasan perdesaan mandiri infrastuktur.  Program ini sejalan dengan nawacita Presiden Jokowi yaitu membangun dari pinggiran. Selain itu juga visi dan misi Bapak Bupati Muna Barat LM Rajiun Tumada salah satunya fokus pada upaya mewujudkan infrastructure yang menunjang kawasan produktif khususnya pada desa desa potensial. InsyaAllah tahun ini bisa terwujud dan langkah langkah untuk mewujudkan itu telah dilakukan,"pungkasnya. (Randy)

No comments:

Post a Comment