M. Ingati Nazara Hadiri Launching Sumut Smart Province. - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

24 Maret 2018

M. Ingati Nazara Hadiri Launching Sumut Smart Province.


NIAS UTARA, suarakpk.com - Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara menghadiri launching sumut smart province, di Aula Raja Inal siregar, Lantai II, Kantor Gubsu Jln. Diponegoro Medan. Selasa 20 Maret 2018.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) Sumut Drs. HM Fitryus SH, M.Sp dalam laporannya menyampaikan, SSP mendorong Good Governance dan Clean Governance dengan melaksanakan E- Goverment yaitu pelaksanaan APBD mulai E-Plannig, E-Budgetting sampai dengan E-Pervormance sehingga sistem Pemerintahan Sumut akan transparan dan akuntabel. SSP sepenuhnya prakarsa Bapak Dr. Ir HT Erry Nuradi M.Si, ini merupakan Aplikasi cerdas yang pertama kali di Indonesia yang terintegrasi dengan Kabupaten/Kota dan OPD.

Koordinator Unit Koordinasi dan Supervisi Pencegahan Kedeputian bidang Pencegahan Aset Rahmat Suanda mengatakan, sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan Pemprovsu, karena merupakan perjalanan yang cukup panjang, yang dimulai sekitar 2 tahun yang lalu, tepatnya April 2016, pada saat itu Sumut adalah satu dari tiga Provinsi yang mempunyai catatan yang kurang baik dalam hal tata kelola karena Gubernurnya mempunyai permasalahan hukum khususnya dengan KPK.

Pada saat ini telah menyampaikan data bahwa per 31 Desember 2017 pencapain terbesar dari renaksi ternyata ada di Sumatera Utara, peringkat satu Kota Medan, peringkat dua Provinsi Sumatera Utara. Ada Kabupaten lain yaitu Tapanuli selatan yang masuk dalam sepuluh besar dalam konteks capaian renaksi selama 2017, yang membuktikan Provinsi Sumut mempunyai kesungguhan yang luar biasa dipimpin Pak Gubernur untuk membalikan persepsi yang ada selama ini.

Gubernur Sumatera Utara Dr. Ir Tungku Erry Nuradi M.Si menyampaikan Pidatonya, Aplikasi SSP atau Sumut Province Cerdas ini merupakan pertama di Indonesia yang menyediakan layanan terintegrasi dengan Kabupaten/Kota serta Organisasi perangkat Daerah, ini merupakan upaya untuk meningkatkan pelayanan Provinsi Sumut kepada masyarakat dengan memanfaatkan jaringan Elektornik berbasis Online.

Selanjutnya disampaikan, bahwa harapan masyarakat saat ini terhadap peningkatan kualitas pelayanan publik sangat besar untuk itu Provinsi Sumatera Utara dan Kabupaten/Kota, dituntut untuk mampu memberikan pelayanan publik yang semakin cepat, mudah, murah, transparan dan akuntabel.

Karena itu SSP yang diresmikan ini merupakan satu wadah untuk melayani integrasi E-Goverment dan Layanan publik dalam beberapa aplikasi, antara lain: Aplikasi Integrasi E-Goverment (G to G), Aplilkasi Layanan Publik (G to C) dan Aplikasi Dunia Usaha (G to B). SSP merupakan pembangunan infranstruktur, audio visual dan berbagai aplikasi dengan sistim informasi teknologi yang bertujuan sebagai pusat informasi dan pelayanan terhadap masyarakat, dan disiapkan juga secara bertahap media sosial seperti Facebook, instagram, twitter, SMS dan call center yang bisa berhubungan dengan masyarakat sehingga Gubernur dapat mrngambil kebijakan demi pembangunan sumut.

Launching ini dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara Pemprov sumut dengan Politeknik Negeri Medan, PDAM Tirtanadi dan PT. Telkom Indonesia, dilanjutkan penandatanganan perjanjian kerjasama Dinas Kominfo Provsu dengan Universitas Negeri Medan (USU) dan PDAM Tirtanadi serta peresmian nama Raja Aula Inang Siregar dilantai 6.

Peluncuran SSP ditandai dengan penekanan tombol sirene oleh Gubernur Sumut, disaksikan koordinator Unit koordinasi dan Supervisi Pencegahan Kedeputian bidang pencegahan KPK Aset Rahmat Suanda, Satgas wilayah I Korsupgah KPK Juliawan Surani, Kepala BPK perwakilan Sumbar Wahyuni, Kepala BPKP Provsu Sihar Panjaitan, Kepala BI perwakilian Arif Budi santoso, kepala OJK regional 5 sumbagut Lukdir Gultom, para Bupati/Walikota se-Sumut dan Kapolda dan kajatisu. Juga Eksekutif Vice President Telkom Regional I sumut S. Susatio, Ketua PKK Provsu Ny. Evi diana Erry, para Rektor dan Pimpinan Perguruan lainnya. (N/red).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)