Kodim 0703/Cilacap Gelar Kegiatan Komsos Dengan Keluarga Besar TNI (KBT) - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


01 March 2018

Kodim 0703/Cilacap Gelar Kegiatan Komsos Dengan Keluarga Besar TNI (KBT)

Cilacap, suarakpk.com - Kodim 0703/Cilacap menggelar kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan Keluarga Besar TNI (KBT). Kegiatan ini dibuka langsung Komandan Kodim 0703/Cilacap Letkol Inf. Yudi Purwanto, Rabu (28/02) di Aula Satya Kartika Kodim 0703/Cilacap Jln. Jend. Sudirman No. D-1 Cilacap.

Komsos dengan tema, ‘Melalui Silaturahmi dengan Keluarga Besar TNI, Kita Tingkatkan Pemahaman Tentang Pancasila Dan Bhineka Tunggal Ika Untuk Berpartisipasi Dalam Menjaga Dan Mempertahankan Kedaulatan NKRI’.

Kegiatan diikuti 100 orang peserta yang terdiri dari Persatuan Istri Prajurit (Persit), Bhayangkari Polres Cilacap, Persatuan Istri Purnawirawan (Perip), Veteran Republik Indonesia (LVRI), Pepabri, PNS Hankam, Jalasenastri Lanal Cilacap serta Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan Indonesia (FKPPI).

Dandim Letkol Inf. Yudi Purwanto dalam sambutannya mengatakan, kegiatan komunikasi sosial dengan keluarga Besar TNI ini merupakan salah satu metoda Kodim 0703/Cilacap dalam pembinaan teritorial dalam rangka mewujudkan hubungan yang harmonis dan kebersamaan dengan semua komponen bangsa guna ikut serta dalam mewujudkan situasi yang aman tenteram dan damai khususnya di wilayah Kabupaten Cilacap, serta sebagai bentuk partisipasi dalam menjaga dan mempertahankan Kedaulatan NKRI yang kita cintai bersama ini.

Kegiatan ini, menurut Dandim bertujuan untuk mewujudkan kemanunggalan antara TNI dengan Rakyat, sehingga dalam setiap pelaksanaan tugas kewilayahan, TNI selalu mendapat dukungan penuh dari rakyatnya dan imbasnya TNI akan kuat.

“Ini adalah salah satu kekuatan utama yang selalu diperhitungkan oleh bangsa lain oleh karena itu mari kita tingkatkan Soliditas, kesamaan Visi dan Misi guna mengatasi permasalahan Bangsa dalam rangka mewujudkan keutuhan wilayah NKRI," tegas Dandim.

Sementara, selaku nara sumber, Kapten Inf. Tugirun memberikan materi tentang tugas dan peran TNI AD serta pokok- pokok kebijakan Kasad dalam bidang teritorial tahun 2018. Dimana TNI AD harus memiliki kepedulian terhadap kondisi rakyat dan bangsa Indonesia agar terhindar dari krisis, apalagi sebagai tentara rakyat yang memegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI. TNI AD memiliki kewajiban untuk terlibat langsung dalam mengatasi permasalahan kebangsaan.

"Selain untuk meningkatan kesejahteraan masyarakat, kerjasama TNI dengan pemerintah juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan ketahanan nasional," ungkapnya.

Nara sumber lain yakni Kapten Inf. Joko Yunanto dengan materi tentang Bhineka Tunggal Ika. Menurutnya, kedudukan sesanti ‘Bhineka Tunggal Ika’ merupakan sarana keleluasan (kebebasan) bagi semua warga negara untuk mengembangkan kebudayaan, adat istiadat, tradisi, agama, bahasa dan tata kehidupan sesuai lingkungan masyarakat.

"Esensi nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika adalah nilai toleransi, nilai keadilan dan nilai gotongroyong," jelasnya.

Kegiatan ini diakhiri dengan pemberian cindera mata kepada perwakilan dari Veteran Republik Indonesia (LVRI), Pepabri, PNS Hankam, Jalasenastri Lanal Cilacap serta Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan Indonesia (FKPPI), Persatuan Istri Prajurit (Persit), Bhayangkari Polres Cilacap, Persatuan Istri Purnawirawan (Perip). (RUS)

No comments:

Post a Comment