Hati-Hati, Satlantas Polres Blora Tindak Tegas Kendaraan Terbuka Pengangkut Penumpang/Orang - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


20 March 2018

Hati-Hati, Satlantas Polres Blora Tindak Tegas Kendaraan Terbuka Pengangkut Penumpang/Orang


BLORA, suarakpk.com - Hati-hati buat sopir kendaran terbuka truk ataupun engkel ada tindakan tegas dilakukan oleh Satlantas Polres Blora terhadap truk terbuka yang mengangkut penumpang/orang. Di antaranya dengan memberikan tilang juga himbauan terhadap sopir truk.

Hal ini dilakukan untuk menghindari kecelakaan seperti yang terjadi di sejumlah daerah. Insiden kecelakaan truk terbalik, yang mengakibatkan penumpang mengalami luka-luka bahkan meninggal dunia. Seperti yang dilakukan petugas Satlantas Bripka Sigit di simpang empat Karangjati, kabupaten Blora Selasa, (20/03/18).

“Kami berikan tilang (terhadap sopir truk terbuka) karena menyalahi aturan. Kami juga periksa kelengkapan kendaraan dan SIM sopir. Tujuan tindakan ini agar tidaj ada lagi truk terbuka mengangkut orang,” kata Kasat Lantas Polres Blora AKP Febriyani Aer, S.I.K, M.H melalui Kanit Turjawali Ipda Solikun Ni’am.

Dikatakan, penilangan terhadap truk yang membawa penumpang adalah bentuk pencegahan menghindari jatuhnya korban jiwa dari menumpang. Saat razia rutin, masih ada truk bak terbuka yang digunakan untuk mengangkut penumpang.

Hal ini, memang menjadi salah satu perhatian utama dalam menekan angka kecelakaan. Sebab, di kabupaten Blora warga pedesaan banyak menggunakan kendaraan bak terbuka untuk mengangkut orang, terutama rombongan.

Padahal hal ini melanggar Pasal 303 UU No 22 Tahun 2009 tentang Kendaraan yang Tidak Sesuai Peruntukannya. “Sudah ada contoh kecelakaan. Maka dari itu kami himbau masyarakat bahwa, truk bak terbuka bukan untuk mengangkut orang, melainkan mengangkut barang. Jika ingin berpergian hendaknya menggunakan angkutan umum yang ada,atau sepada montor sendiri yang surat suratnya lengkap" tandasnya.
(Bambang/red/Blora)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad