Dinas Persip Himbau Generasi Penerus Sering Membaca Buku dan Dokumentasi Sejarah. - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


29 March 2018

Dinas Persip Himbau Generasi Penerus Sering Membaca Buku dan Dokumentasi Sejarah.


LABUHANBATU, suarakpk.com - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu yang berkantor di Jalan Meranti No. 4 Rantauprapat Kelurahan Padang Matinggi senantiasa menghimbau dan mengajak para generasi penerus bangsa untuk sesering mungkin melihat dan membaca buku-buku dan dokumentasi sejarah perjuangan serta tokoh-tokoh pejuang di Kabupaten Labuhanbatu, baik itu datang langsung ke Kantor Dinas maupun melihat langsung di setiap pameran dan kegiatan kami.

Demikian antara lain dikatakan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu Ir. H. Leo Sunarta, M.MA ketika ditemui di Stand Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu, Rabu (28/03/2018) sore usai Bupati Labuhanbatu dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu meninjau stand tersebut yang berada di lokasi kegiatan MTQN Ke-47 dan Festival Nasyid Ke-32 Tingkat Kabupaten Labuhanbatu di Lapangan H Surti Negeri Lama Kecamatan Bilah Hilir.

“Bahwa dalam kegiatan MTQ dan Festival Nasyid Tingkat Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2018 ini yang kami ketengahkan karena Dinas kami Perpustakaan dan Kearsipan maka yang kami tonjolkan adalah mengenai kearsipan ataupun sejarah yang ada di Kabupaten Labuhanbatu”, jelas Leo.

“Pertama mengenai tokoh-tokoh pejuang, daerah perjuangan  Kabupaten Labuhanbatu, tempat-tempat bersejarah di Labuhanbatu, disamping itu kami menampilkan buku-buku yang bernuansa islami sesuai dengan tema dari pada MTQ dan Festival Nasyid ini, harapan kami kiranya agar generasi selanjutnya mengetahui bagaimana sejarah Labuhanbatu dan siapa-siapa tokoh pejuang Labuhanbatu karena masih banyak masyarakat yang belum tahu siapa-siapa tokoh pejuang Labuhanbatu tersebut”, tambahnya.

“Dengan ikut sertanya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu dalam acara pameran ini, maka secara tidak langsung kami memberi pencerahan kepada generasi penerus bahwa Labuhanbatu banyak tokoh-tokoh pejuang yang berjuang didalam masa revolusi fisik, dalam arti Labuhanbatu secara utuh, terkait dengan hal itulah makanya kami tampilkan potret-potret sejarah perjuangan Labuhanbatu, jadi di pameran ini yang kita tonjolkan adalah di arsipnya, karena Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, arsip adalah menyimpan rekaman jejak sejarah dari dulu sampai sekarang, karena ini merupakan upaya kita bagaimana untuk 20 – 30 tahun mendatang menjadi dokumentasi bagi kita”, terang Leo.

Itulah gambaran dari tema dalam kegiatan MTQ dan Festival Nasyid ini yang ditampilkan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, kalau kemarin di Pekan Raya Sumatera Utara yang kita tampilkan adalah Perpustakaannya dan pada MTQ serta Festival Nasyid ini yang kita tampilkan adalah Kearsipannya, pameran ini dilaksanakan dari tanggal 28 Maret s/d 1 April 2018 dan untuk hari-hari berikutnya kami tampilkan yang lebih baru lagi, jadi dinamis dan kami tidak monoton menampilkan yang itu-itu juga, disamping itu kami tampilkan juga bagaimana karya putra daerah yang telah menulis buku-buku tentang Labuhanbatu, pada intinya yang kami tonjolkan adalah yang terbaru.

Disamping itu kata Leo Sunarta, kami berusaha dan terus menggali dan menggali sejarah serta tokoh-tokoh di Labuhanbatu ini agar generasi penerus kita ini lebih mengetahui sejarah yang ada di Labuhanbatu, makanya yang kita tonjolkan adalah kearsipannya, mungkin orang mengira arsip itu hanya untuk menyimpan surat masuk saja, sebenarnya tidak itu adalah dokumen sejarah yang akan sangat bermanfaat nantinya untuk generasi penerus kita di bumi ikabina en pabolo ini.

Adapun tema MTQN Ke-47 dan Festival Nasyid Ke-32 Tingkat Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2018 tersebut adalah “ Melalui Musabaqoh Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) Ke-47 dan Festival Nasyid Ke-32 Tingkat Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2018, Kita Aktualisasikan Nilai-Nilai Universal Al Qur’an dan Seni Budaya Islam Untuk Pencerahan Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Yang Rukun dan Damai “. (Red.408)

No comments:

Post a Comment