Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Labuhanbatu turut Andil Hiasi PRSU - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


17 March 2018

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Labuhanbatu turut Andil Hiasi PRSU


LABUHANBATU, suarakpk.com - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu dibawah kepemimpinan Ir. H. Leo Sunarta, M.MA yang punya Visi “Bersama masyarakat gemar membaca dan budaya tertib arsip menuju Labuhanbatu hebat berkompeten” ini ternyata terus mengembangkan sayap dalam melaksanakan visi dan misinya ditengah-tengah masyarakat, hal itu terbukti bahwa Dinas yang punya motto “Buku Adalah Jendela Dunia” ini turut menghiasi Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) Ke-47 Tahun 2018 di Medan dari tanggal 16 Maret s/d 16 April 2018 mendatang.

Pria berkacamata dan berkantor di Jln. Meranti No.4 Rantauprapat  ini dalam menjalankan roda instansinya agar masyarakat gemar membaca tidak hanya turun ke Kecamatan, Desa/Kelurahan dan dusun atau kampung-kampung di Bumi Ikabina En Pabolo, diajang pameran tingka Kabupaten bahkan Provinsi pun Dinas yang dipimpinnya ini turut tampil dan unjuk gigi untuk memberikan motivasi kepada masyarakat diperantauan agar juga turut gemar membaca.

Salah satu contoh misalnya selama dua tahun ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu tetap rutin mengikuti Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) yang berlokasi di Kompleks Tapian Daya Medan untuk turut serta berpartisipasi mengisi stand Pemkab Labuhanbatu selama satu bulan penuh selama berlangsungnya kegiatan tersebut.

Menurut Ir. H Leo Sunarta, M.MA, bahwa Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu memiliki Open Acces System atau Sistem Layanan Terbuka dengan kata lain, semua pemustaka yang sudah menjadi anggota ataupun belum menjadi anggota diberi kebebasan mencari, memilih dan mengambil sendiri buku yang diinginkan atau diperlukan langsung ke rak buku melalui layanan perpustakaan yaitu sirkulasi (peminjaman dan pengembalian buku), referensi dan penelusuran informasi, perpustakaan keliling, membaca, konsultasi perpustakaan dan digital library.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu ini menjelaskan bahwa dinasnya memiliki koleksi bahan perpustakaan. Bahan perpustakaan yang disediakan terdiri dari berbagai displin ilmu pengetahuan dan teknologi yang bersifat ilmiah dan non ilmiah (fiksi) untuk kepentingan belajar, informasi, rekreasi cultural dan penelitian bagi semua lapisan masyarakat mulai anak-anak, remaja maupun dewasa melalui Karya Cetak berupa buku teks, buku rujukan seperti ensiklopedia, kamus, sumber geografi dan terbitan pemerintah seperti peraturan perundang-undangan, terbitan berkala berupa majalah, bulletin, jurnal dan surat kabar.

Katanya, Pengelompokan bahan perpustakaan menggunakan system persepuluhan dewey (dewey decimal classification = DDC) sebagai berikut, 000 Karya Umum, 100 Filsafat dan Psikologi, 200 Agama, 300 Ilmu-Ilmu Sosial, 400 Bahasa, 500 Ilmu Murni, 600 Teknologi Terapan, 700 Olah Raga dan Seni, 800 Kesusastraan, 900 Sejarah dan Geografi.

Dari pantauan di Stand Pemkab Labuhanbatu pada Pekan Raya Sumatera Utara Tahun 2018 bahwa Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu terlihat menampilkan Buku Selayang Pandang Sejarah Labuhanbatu yang berjudul “Pusaka Bertuah Anak Negeri” hasil karya putra daerah Labuhanbatu Raja Azman Syarif, kemudian buku Konnlijke Nederlands Indische Leger (KNIL) Dalam Gerilya Di Labuhanbatu yang berjudul “Serpihan Kenangan Dalam Sejarah Di Soematra  Timoer” hasil karya Muhammad Zen Ajrai, disitu juga ada buku Labuhan Kata yang berjudul Labuhanbatu Dalam Cahaya dan Kata buah karya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu, juga ada buku Geliat Literasi Labuhanbatu dengan judul “Upaya Masyarakat Membangun Budaya Baca” hasil tulisan dan buah karya Agus Marwan & Erix Hutasoit.

Selain berbagai macam buku juga ada brosur dan stiker Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu untuk koleksi masyarakat Sumatera utara yang diberikan secara cuma-Cuma, kita berharap apa yang diinginkan dan di niatkan Ir. H. Leo Sunarta, M.MA dalam misinya yaitu Mewujudkan Masyarakat Labuhanbatu Gemar Membaca dan Mewujudkan Budaya Tertib Administrasi Arsip Dilingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu dapat terwujud. (Red.408).

No comments:

Post a Comment