BNNK Cilacap Kembali Tes Urin Anggota Kodim 0703/Cilacap - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


13 March 2018

BNNK Cilacap Kembali Tes Urin Anggota Kodim 0703/Cilacap

Cilacap, suarakpk.com – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Cilacap mendadak  melakukan tes urine untuk kedua kalinya terhadap 40 orang anggota Kodim 0703/Cilacap, pasca upacara pengibaran bendera, Senin (12/3).

Hal tersebut sebagai bentuk komitmen dan peran serta anggota TNI yang bertugas di Kodim 0703/Cilacap dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Cilacap Parwito menjelaskan, mengenai teknis prosedur pengambilan sampel urine untuk pelaksanaan tes narkoba.

“Di Indonesia saat ini sedang menghadapi kondisi darurat narkoba. Narkoba yang diselundupkan masuk ke Indonesia saat ini bukan lagi dalam hitungan kilogram, tetapi ton,” tandasnya.

Dia menambahkan, ini harus menjadi peringatan bagi seluruh aparat pemerintah termasuk TNI guna meningkatkan kewaspadaan dan sinergitas dengan elemen penegak hukum lainnya untuk menjaga NKRI dari narkoba.

“Peran serta anggota TNI sangat diperlukan dalam pencegahan dan pemberantasan narkoba di masyarakat,” tegas Parwito.

Sementara, Dandim 0703/Cilacap, Letkol Inf Yudi Purwanto melalui Pasi Intel Kodim 0703/Cilacap, Kapten CPM Samanhudi mengatakan, pelaksanaan tes urine ini sengaja dilaksanakan secara mendadak agar kegiatan ini berjalan apa adanya.

"Memang benar setelah pelaksanaan upacara, seluruh anggota TNI dan PNS kodim 0703/Cilacap kita kumpulkan dan kita arahkan ke aula untuk pemeriksaan tes kesehatan urine dan kegiatan ini dikawal langsung oleh Provost dan anggota Subdenpom IV/1-1 Cilacap," katanya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, pemeriksaan kesehatan urine ini dilaksanakan secara rutin dan berkala, namun pelaksanaannya tanpa adanya pemberitahuan kepada anggota sehingga hasil ini benar-benar murni tanpa ada rekayasa.

Kapten CPM Samanhudi berharap agar dalam tes ini tidak ada anggota TNI dan PNS Kodim 0703/Cilacap yang positif memakai narkoba ataupun zat adiktif lainnya.

"Kita tidak akan menutup-nutupi. Jika ada prajurit TNI dan PNS kodim 0703/Cilacap yang terlibat narkoba, maka akan kita proses sesuai hukum yang berlaku," pungkasnya.

Dari 40 orang anggota Kodim 0703/Cilacap yang diambil sampel urine-nya, didapati seluruhnya negatif dari narkoba. (Rus)


No comments:

Post a Comment