Beberapa Rumah Warga di Bangkali Rusak Akibat Tanah Longsor - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


26 March 2018

Beberapa Rumah Warga di Bangkali Rusak Akibat Tanah Longsor


MUNA, suarakpk.com- Terjadi bencana tanah longsor yang mengakibatkan 6 rumah rusak di Desa Bangkali, Kecamatan Watoputeh, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Minggu (25/3) sekira pukul 14.00 Wita. 

Rumah-rumah tersebut milik La Ode Tanini, Anas T, La Dolo, La Ode Suheni, La Ode  Ruji dan Wa Ode Halini. Dari enam rumah yang rusak parah empat unit. Adalah rumah milik La Ode Riji yang merupakan pusat longsor sedalam kurang lebih 20 meter, La Ode Tanini dan Anas T. Rumah mereka retak. Buntut dari itu mereka terpaksa mengungsi kerumah kerabatnya. "Kita takut jangan sampai ini rumah tiba-tiba ambruk, " kata Anas T.

Ia membeberkan bahwa sudah sering kali terjadi tanah longsor, tetapi baru kemarin yang parah dan secara tiba-tiba saja tanah di depan rumah La Ode Ruji amblas.

"Bunyinya keras. Kita kaget dan melihat tembok rumah sudah pada retak semua, " terangnya. 

Diketahui selain rumah, longsor itu juga mengakibatkan tanah dan aspal jalan retak-retak. Polres Muna yang tiba dilokasi lalu memasang garis Polisi agar kendaraan berhati-hati saat melintas di jalan tersebut.

La Muti, warga lainnya mengaku longsornya tanah di depan rumah La Ode Ruji sejak tahun 2017 terjadi. Kala itu, longsornya tidak dalam. Warga lalu melaporkan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang kali itu langsung menimbun menggunakan batu dan tanah.

"Longsor terjadi setiap selesai hujan," ungkapnya.

Paska kejadian, Bupati Muna, LM Rusman Emba memerintahkan bawahanya untuk turun kelokasi. Terlihat Kepala Bappeda,  La Mahi,  Kabag Humas, Amiruddin Ako, staf BPBD dan Camat Watoputeh, Ali Fakara Hara melakukan identiviasi terhadap rumah-rumah yang terkena musibah itu.

"Antisipasi awal akan dilakukan penimbunan menggunakan batu, tanah dan cor plat pada lobang besar akibat longsor itu, serta memperbaiki drainase, " kata Amiruddin Ako.

Untuk mengetahui secara persis penyebab amblasnya tanah itu,  Pemkab Muna bakal menggadeng ahli geologi dari Universitas Haluoleo (UHO) Kendari.

"Kita mau tahu apakah karena faktor alam atau ada gejala lain, " terangnya.

Menurut mantan Sekcam Kontunaga Mengenai bantuan terhadap rumah-rumah  warga yang rusak akibat longsor masih akan dilakukan perhitungan terlebih dahulu.

"Pasti akan ada. Pak bupati setelah dari luar daerah akan turun meninjau langsung dan memberikan bantuan, " tukasnya. (Randy)

No comments:

Post a Comment