Aktivis Aceh Di Forum Nusantara dan Internasional Peduli Lingkungan Hidup - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


07 March 2018

Aktivis Aceh Di Forum Nusantara dan Internasional Peduli Lingkungan Hidup


BANDUNG, suarakpk.com- Aktivis Aceh mengikuti forum Civil Society Forum di Eco Camp (yayasan sahabat lingkungan hidup) di Kota Bandung tuan rumah dari Green Generation Fondation, Selasa (06/3/2018).

Acara tersebut Dimulai tanggal 02 s/d 06 maret 2018 di Eco Camp Diikuti 100 orang dari 34 provinsi se indonesia dari berbagai komunitas, lembaga, LSM, Organisasi yang peduli terhadap lingkungan hidup.

Ketua panitia Pelaksana  kegiatan Civil Society Forum Saiful kepada suarakpk.com Selasa (06/3) menyampaikan,
Kegiatan itu bertujuan untuk memersatukan  komunitas dan aktivis peduli lingkungan  hidup Senusantara.

Saiful juga menjelaskan Selain bertujuan  bersilaturahmi, saling berbagi pengalaman kepada organisasi  atau komunitas  Didaerah masing -masing aksi peduli lingkungan hidup itu akan  di fokuskan utama pada persampahan," katanya.

Sebab, kata Saiful, untuk menghasilkan  sebuah rekomendasi  dari pemerintah pusat butuh penanganan  sampah dalam rangka menyukseskan  gerakan indonesia  bebas sampah 2020.


Informasi diperoleh suarakpk.com Civil Society Forum (CSF) adalah bagian dari rangkaian kegiatan Internasional Zero Waste City Conference (IZWCC) 2018.

Rangkaian kegiatan itu merupakan  konferensi yang melibatkan sejumlah para pemangku kepentingan  di bidang persampahan serta menghadirkan  berbagai narasumber, baik dari dalam maupun luar negeri.

Saiful mengatakan peserta CSF akan di pilih melalui tahapan seleksi  formulir pendaftaran. Pendaftaran tersebut Dibuka secara terbuka bagi para pengiat persampahan  di indonesia baik personal maupun komunitas.

Saiful menjelaskan dari ratusan peserta yang mendaftar secara online di seluruh indonesia, hanya 100 peserta yg terpilih para pengiat sampah untuk mengikuti CSF tahun 2018.


"Saya mengharapkan peserta tersebut sudah mampu menjadi Fasilitator di daerahnya masing-masing dalam isu persampahan baik melalui kegiatan  aksi bersih, kampamye isu persampahan  maupun edukasi," ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPP LSM Jara Iskandar Ar. Rahman dari Alumni Jambore Nasional Bebas Sampah (JNBS) indonesia tahun 2017 di Aceh menuturkan proses  untuk mengikuti forum nasional dan internasional peduli lingkungan hidup senada yang Disampaikan Saiful Fokus utama Persampahan.

Iskandar juga menuturkan dari puluhan peserta dari Aceh telah mendaftar secara online  hanya 3 orang yg lulus dari Aceh. Ketiga orang tersebut Gemal Bahri berasal Banda Aceh dari Zero Waste Aceh, Iqbal Takengon dari Sahabat Hijau Aceh dan termasuk dirinya berasal dari Kabupaten Pidie dari LSM Jara.

"Kesempatan  besar ini harus manpu kita gali ilmu persampahan. forum ini sangat bermanfaat  bagi kami aktivis aceh yang peduli lingkungan atas peran pemerintah serta kesadaran  masyarakat  untuk membuang sampah pada tempatnya, Dan mengajak seluruh elemen masyarakat  komunitas, eksekutif, legislatif dan sahabat insan pers untuk  mengsosialisasi persampahan di Aceh," kata Iskandar. (Nazar)

No comments:

Post a Comment